Padang (ANTARA News) - Muhammadiyah Sumatera Barat memusatkan pelaksanaan shalat Idul Adha di halaman Masjid Taqwa yang terletak di kawasan Pasar Raya Kota Padang pada Rabu (23/9).

"Pada Idul Adha tahun ini di Kota Padang akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, shalat akan dipusatkan di masjid Muhammadiyah yaitu Masjid Taqwa yang berlokasi di Pasar Raya," kata Ketua Muhammadiyah Sumbar Bakhtiar di Padang, Rabu.

Ketetapan pelaksanaan shalat Idul Adha menurut Muhammadiyah yang jatuh pada Rabu (23/9) sudah diperkuat dengan maklumat pimpinan pusat Muhammadiyah yang sudah disampaikan ke semua jajaran hingga ke daerah, ranting dan seluruh amal usaha termasuk untuk Provinsi Sumbar secara keseluruhan.

Ia juga mengatakan, selain di Masjid Taqwa shalat akan dilaksanakan di setiap masjid-masjid daerah yang melaksanakannya bersamaan dengan Muhammadiyah termasuk di beberapa tanah lapang jika memungkinkan.

"Untuk pelaksanaan shalat Idul Adha pada hari tersebut pun sudah kami kirimkan surat ke Gubernur Sumatera Barat yang meminta dispensasi pelaksanaan ibadah bagi yang berkeyakinan 10 Zulhijjah jatuh pada 23 September. Hal ini agar para pegawai negeri sipil (PNS) dapat diliburkan atau diperbolehkan telat masuk kantor sesudah shalat," katanya.

Sementara Ketua Pengurus Masjid Taqwa Sumatera Barat Abdurrahman menyampaikan bahwa rencananya shalat Idul Adha akan dilaksanakan di pekarangan masjid dengan memanfaatkan jalanan di depan dan samping masjid, namun jika hari hujan akan dialihkan ke dalam masjid yang dapat menampung sekitar 2.500 jamaah.

"Kami akan menemui wali kota untuk meminta izin agar dapat memanfaatkan jalan di samping masjid dan jika diperbolehkan pada subuh hari Raya Idul Adha tersebut kami akan mulai mohon pengalihan jalur kendaraan sampai shalat selesai," katanya.

Ia menyampaikan pengalihan jalan dapat dilakukan seletah mendapatkan persetujuan dari beberapa pihak termasuk wali kota, Dinas Perhubungan, Kepolisian, Satpol PP dan berbagai instansi terkait.

Selain itu ia menyampaikan khatib untuk shalat Idul Adha yaitu Ketua Pimpinan Wilayah Sumatera Barat Rusdi.

Agenda lainnya yang akan dilaksanakan di Masjid Taqwa ialah pemotongan hewan kurban yang akan langsung diakomodasikan setelah shalat selesai.

"Hewan kurban pada Hari Raya Haji tahun ini berjumlah 10 ekor sapi," ujar dia.

Ia juga mengatakan bahwa pelaksanaan shalat Idul Adha Muhammadiyah yang lebih dahulu sehari dibandingkan pemerintah tidak menimbulkan perpecahan sesama umat Islam.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015