Manokwari (ANTARA News) - Gubernur Papua Barat Abraham Oktovianus Ataruri mengapresiasi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan oleh petugas Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sorong Selatan kepada masyarakat.

"Saya sangat bangga terhadap RSUD Kabupaten Sorong Selatan yang dapat meningkatkan mutu pelayanan sehingga menjadi rumah sakit tipe C yang mendapat akreditasi secara nasional," katanya di Manokwari, Sabtu.

Ia berharap, RSUD Kabupaten Sorong Selatan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan serta dapat berkembang menjadi rumah sakit rujukan dengan tipe kelas B.

Pelayanan kesehatan RSUD Kabupaten Sorong Selatan, katanya, patut dicontoh oleh rumah sakit yang lain di Provinsi Papua Barat, terutama rumah sakit yang masih kelas D.

Dia mengungkapkan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, telah dibangun 16 rumah sakit yang tersebar di sembilan kabupaten dan kota di Provinsi Papua Barat.

"Namun dari 16 rumah sakit tersebut masih kelas D dan kelas C belum ada rumah sakit kelas B, bahkan kelas A di Provinsi Papua Barat," katanya.

Dia menjelaskan selama ini belum ada rumah sakit rujukan sehingga masyarakat yang sakit dan tidak dapat ditangani oleh rumah sakit setempat, dirujuk ke luar Provinsi Papua Barat.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah provinsi membangun rumah sakit rujukan kelas B di Manokwari, ibu kota provinsi setempat pada 2015 sehingga masyarakat yang sakit tidak perlu lagi dirujuk ke luar Papua Barat.

Pewarta: Ernes B Kakisina
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015