Kairo (ANTARA News) - Delegasi Forum Promosi Perdagangan International Mesir, di Kairo, mencicipi kopi Indonesia yang disediakan oleh importir kopi Mesir atas kerja sama dengan Kedutaan Indonesia di Kairo.

Para peseta forum tampak antusias mencicipi kopi Indonesia di sela acara forum yang digelar selama dua hari pada Sabtu-Minggu (3-4/10) itu, ujar Kepala Fungsi Ekonomi Kedutaan Indonesia di Kairo, Meri Simorangkir, di Kairo, Sabtu.

Forum itu digagas Asosiasi Bisnis Mesir dengan sebutan B2B: Connect to World yang dihadiri 50 negara mitra perdagangan utama Mesir, dan diisi seminar mengenai masalah impor Mesir dalam menghadapi dampak krisis global.

Ketua Otorita Pengendalian Ekspor-Impor Mesir, Allaa Abdel Karim, membuka forum yang dihadiri sekitar 700 peserta dari kalangan pejabat pemerintah, kalangan duta besar dan diplomat negara sahabat Mesir, pengusaha dan akademisi.

Misi utama B2B: Connect to World ini mempromosikan berbagai kebijakan Mesir dalam menghadapi dampak perubahan global saat ini, terutama dalam bidang perdagangan dan investasi serta berbagi pengalaman negara-negara asing menyangkut langkah-langkah yang diambil dalam peningkatan ekonominya.

Forum juga menyediakan fasilitas pameran untuk promosi produk-produk perdagangan negara partisipan yang diundang.

Kedutaan Besar Indonesia di Kairo dalam kesempatan pameran itu, selain mempromosikan produk kopi Indonesia yang dapat dicicipi oleh peserta selama dua hari berlangsungnya forum, juga promosi berbagai contoh produk ekspor unggulan Indonesia yang dimiliki oleh Kantor Atase Perdagangan KBRI Kairo.

Antusiasme tinggi kalangan pengusaha Mesir terhadap Indonesia terlihat dari banyaknya pebisnis yang memberikan inquiries kepada pihak KBRI berbagai komoditi mulai dari industri manufaktur hingga produk makanan serta bahan mentah.

Di sisi lain, Simorangkir, sebagai salah satu narasumber dalam Fortum itu, memaparkan tentang peluang kerja sama perdagangan dan investasi di Indonesia.

"Kunjungan Presiden Mesir, Abdel Fattah al Sisi, ke Indonesia pada 4-5 September 2015 untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo, telah memberikan dorongan yang lebih besar bagi pebisnis kedua negara guna meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi," ujarnya.

Disebutkan, nilai total perdagangan Indonesia-Mesir sebesar 1,48 miliar dolar AS pada 2014, meningkat 21 persen dibaanding tahun 2013 sebesar 1,22 miliar dolar.

Pewarta: Munawar S Makyanie
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015