Beijing (ANTARA News) - Novak Djokovic mengalahkan petenis nomor satu Tiongkok Zhang Ze dalam waktu kurang dari satu jam untuk maju ke perempat final turnamen tenis Tiongkok Terbuka di Beijing, Kamis.

Petenis nomor satu dunia itu tidak menunjukkan belas kasihan terhadap Zhang, peringkat 219 dunia, di depan para pendukung petenis tuan rumah itu, saat dia mengakhiri harapan petenis Tiongkok itu dengan skor 6-2, 6-1 dalam waktu 55 menit sekaligus mencapai perempat final keenamnya pada turnamen tersebut, lapor AFP.

Djokovic, yang belum terkalahkan dalam lima penampilannya, kini menyamai Jimmy Connors dengan 26 kemenangan pada satu turnamen sebelum menelan satu kekalahan. Dia mendekati rekor 31 kemenangan Nadal di Prancis Terbuka.

Zhang (25) hanya mendapat tepuk tangan setelah dia dikalahkan petenis Serbia juara 10 turnamen Grand Slam itu.

Sebelumnya, Ivo Karlovic menembus buku rekor jumlah "ace", dan Garbine Muguruza mengalami banyak kejadian pada hari ulang tahunnya yang ke-22 saat dia membanting raket, mencapai turnamen WTA Finals, dan lalu merayakan dengan kue.

Muguruza dibuat frustrasi oleh petenis Kroasia Mirjana Lucic-Baroni, namun kemudian dia memadukan dirinya sendiri untuk meraih kemenangan 1-6, 6-2, 6-1, yang juga membuatnya lolos ke turnamen yang hanya diikuti delapan petenis terbaik di Singapura.

Pencapaian paling bersejarah datang dari Karlovic, yang memecahkan rekor "ace" Ivanisevic, ketika dia ditundukkan petenis Uruguay Pablo Cuevas.

Petenis yang memiliki tinggi badan 2,11 meter itu melepaskan 26 "ace" ketika kalah 7-6 (7/5), 7-6 (9/7), dan mencapai total 10.247 "ace", yang melewati rekor 10.237 "ace" petenis senegaranya Ivanisevic.

Rekor tersebut menjadi penghibur bagi Karlovic setelah kekalahannya dari petenis peringkat 37 dunia, yang sedang menikmasti langkah impian di Beijing setelah dia menjungkalkan petenis peringkat lima dunia Tomas Berdych pada putaran pertama.
(Uu.I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015