Jakarta (ANTARA News) - Ajang pameran promosi dagang terbesar dan berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2015 yang diselenggarakan pada 21-25 Oktober 2015 diharapkan mampu membuka akses pasar untuk produk Indonesia ke negara-negara nontradisional.

"TEI merupakan salah satu alat untuk meningkatkan akses pasar dan diversifikasi pasar tujuan utama ekspor, khususnya pasar nontradisional dan emerging market. Seperti tahun sebelumnya TEI tahun berfokus pada transaksi Business to Business (B2B)," kata Menteri Perdagangan, Thomas Lembong, dalam pembukaan TEI 2015, di Jakarta, Rabu.

Thomas yang kerap disapa Tom tersebut mengatakan bahwa TEI merupakan instrumen penting dalam mempromosikan produk ekspor Indonesia.

TEI yang tahun ini mengusung tema Sourcing at Remarkable Indonesia diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) dan menampilkan produk dan jasa Indonesia berorientasi ekspor.

Guna menjadikan TEI sebagai kegiatan promosi yang efektif, Kemendag fokus pada upaya mendatangkan buyers dari mancanegara melalui kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri, antara lain kantor perwakilan RI di luar negeri, seperti KBRI, Atase Perdagangan, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), serta International Trade Promotion Office, maupun KADIN negara-negara sahabat.

"Upaya diversifikasi pasar selama ini terus dilakukan Kemendag dan terlihat bahwa hingga saat ini daftar delegasi buyers terbanyak berasal dari pasar nontradisional, antara lain dari Nigeria, India, Arab Saudi, Bangladesh, dan Malaysia," ujar Tom.

TEI 2015 berupaya menginformasikan perkembangan terkini mengenai perkembangan dan regulasi pasar ekspor internasional dengan mengadakan beberapa kegiatan, yaitu Seminar Trade, Tourism, and Investment (TTI) untuk memberikan informasi kepada para eksportir, buyers, dan investor dalam memanfaatkan peluang perdagangan internasional dan investasi.

Selain itu, juga akan dilaksanakan Business Counselling, yang merupakan kegiatan konsultasi yang difasilitasi oleh para Atase Perdagangan dan Kepala Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) dalam rangka memberikan informasi akses serta penetrasi ke pasar luar negeri kepada para eksportir.

"Kami mengharapkan TEI tahun ini akan mampu menghasilkan lebih banyak lagi kerja sama perdagangan antara eksportir Indonesia dan para buyer, sehingga secara langsung dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja ekspor nasional," ujar Tom.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015