Hal seperti ini (pertumbuhan ekonomi berkualitas) harus menjadi ukuran"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie meminta agar pencapaian pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan pemerintah berkualitas dengan bermanfaat bagi kepentingan rakyat banyak.

"Target pertumbuhan yang tercapai tidak akan berarti banyak jika hanya dinikmati segelintir orang. Maka itu pertumbuhan ekonomi harus berkualitas," jelas Aburizal Bakrie saat membuka acara Seminar Membangun Indonesia yang digagas Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu.

Pria yang akrab disapa Ical itu mencontohkan pertumbuhan ekonomi yang dicapai sesuai target tidak berarti apa-apa jika nelayan Indonesia tidak membaik kehidupannya.

"Hal seperti ini (pertumbuhan ekonomi berkualitas) harus menjadi ukuran," kata dia.

Aburizal mengatakan di era perkembangan teknologi seperti saat ini, persaingan kemampuan sumber daya manusia adalah pekerjaan rumah utama suatu bangsa.

Oleh karena itu, kata dia, pencanangan target pembangunan sangat penting guna mendorong terjadinya pertumbuhan yang diiringi peningkatan kemampuan sumber daya manusia.

"Kita mengharapkan manusia Indonesia bisa bersaing dengan negara lain, misalnya masyarakat di Grobogan bisa bersaing dengan orang di New York, lalu masyarakat di Kalimantan bisa bersaing dengan orang di London," kata dia.

Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro yang hadir sebagai narasumber dalam seminar itu mengatakan bahwa indikator keberhasilan pemerintahan di negara maju adalah realisasi target pemenuhan lapangan kerja.

Menurut Bambang, dengan pemenuhan lapangan kerja maka secara otomatis tingkat kemiskinan menurun. Hal ini menjadi salah satu perhatian pemerintah saat ini.

"Seringkali yang menjadi perhatian pemerintahan negara maju adalah pemenuhan lapangan kerja. Ini otomatis menurunkan kemiskinan," tutur Bambang.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015