Ke-100 foto berbagai daerah di Jawa Barat ini kami rangkum, kami suguhkan baik dari aspek ekonomi, sosial, politik, budaya, olahraga maupun human interest...
Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 100 foto karya wartawan foto Provinsi Jawa Barat dipamerkan dalam pameran foto "Kilas Balik Jawa Barat 2014-2015" yang digagas oleh wartawan foto Bandung di Jalan Dr Ir Soekarno Kota Bandung, 23-28 November 2015.

"Ke-100 foto berbagai daerah di Jawa Barat ini kami rangkum, kami suguhkan baik dari aspek ekonomi, sosial, politik, budaya, olahraga maupun human interest kami bingkai dan hadirkan untuk masyarakat lewat pameran foto ini," kata Sekjen Wartawan Foto Bandung (WFB) M Fadilah, di Bandung, Senin.

Ia menuturkan pameran foto ini menampilkan kondisi Provinsi Jawa Barat selama satu tahun terakhir dan mencoba meneropong kondisi ke depan Jawa Barat.

Fadilah mengatakan, pameran foto yang keempat kalinya diadakan oleh WFB ini terbuka untuk umum dan diharapkan bisa memberikan kontribusi yang positif untuk pembangunan di Jawa Barat.

Alasan pemilihan Jalan Dr Ir Soekarno sebagai lokasi pameran foto tersebut ialah untuk menarik minat masyarakat.

"Sebelumnya kita menggelar di indoor (dalam ruang), tapi interaksi dengan warga kurang. Makanya untuk tahun ini dipilih Jalan Soekarno ini sebagai lokasi pameran," kata dia.

Ia mengatakan foto yang ditampilkan merupakan hasil seleksi ketat dilakukan tim kurator agar foto dari para wartawan foto dari berbagai media yang dipamerkan ini benar-benar berkualitas.

Tim kuratornya, lanjut dia, terdiri atas para pewarta foto senior seperti Dudi Sugandi dari Pikiran Rakyat dan Yogi Ardhi dari Republika.

Pameran foto Kilas Balik Jawa Barat 2014-2015 dengan tema "Melihat Jawa Barat melalui Lensa" ini dibuka dan diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Sementara itu, salah seorang wartawan foto yang karyanya dipamerkan dalam acara tersebut, Agus Bebeng menuturkan acara itu merupakan ruang kritik dan ekspresi para pewarta foto terhadap kondisi Jawa Barat.

Fotonya yang dipamerkan ada tiga, salah satunya ialah foto hancurnya Museum Integritas yang peresmiannya dilakukan oleh mantan Wali Kota Bandung dan mantan Ketua KPK nonaktif Abraham Samad.

"Museum Integritas itu sekarang kondisinya tidak terawat dan terendam air jika hujan. Lokasinya di Tegalega," kata pewarta foto Perum LKBN Antara itu. 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015