Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Mulyadi meminta agar pemerintah berani melakukan pengembangan potensi tenaga nuklir.

"Tenaga nuklir akan menjadi komponen penjawab tantangan paling utama bagi industri Indonesia untuk bisa semakin kompetitif di kancah dunia," kata Mulyadi di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, untuk jangka panjang Indonesia tidak bisa lagi mengesampingkan penggunaan tenaga nuklir. "Maka kita minta Dewan Energi Nasional (DEN) bagaimana kebijakan nuklir sebagai alternatif terakhir bisa dikembangkan sehingga bisa digunakan," kata politisi Partai Demokrat itu.

Demi pencapaian visi pengembangan nuklir itu, lebih lanjut Mulyadi mengungkapkan supaya pemerintah bergegas melakukan persiapan regulasi.

"Kata DEN (Dewan Energi Nasional), itu mengatakan butuh 5 tahun untuk menyiapkan peraturannya menyangkut penggunaan nuklir ini. Kita DPR tidak masuk teknis, kita hanya political will-nya. Kita hanya mendorong, hal-hal teknis seperti anggaran, silahkan pemerintah," kata Mulyadi.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015