Saya yakin banyak komponen kapal yang sudah bisa dibuat oleh IKM kita. Misalnya, selama ini IKM di Kabupaten Tegal telah mampu memproduksi komponen kapal yang banyak dibutuhkan oleh galangan di Indonesia,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian optimistis bahwa Industri Kecil Menengah (IKM) yang memproduksi komponen kapal mumpuni untuk memenuhi kebutuhan industri perkapalan dalam negeri.

"Saya yakin banyak komponen kapal yang sudah bisa dibuat oleh IKM kita. Misalnya, selama ini IKM di Kabupaten Tegal telah mampu memproduksi komponen kapal yang banyak dibutuhkan oleh galangan di Indonesia," kata Sekjen Kemenperin Syarif Hidayat di Jakarta, Selasa.

Namun, lanjut Syarif, walaupun kualitas produk komponen kapal tersebut sudah cukup baik, IKM komponen kapal harus memiliki sertifikat Dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).

Untuk itu, BKI menjadi partner Kemenperin dalam melakukan pengawalan IKM komponen kapal agar dapat tumbuh dan berkembang serta bersertifikat Class.

Sehingga, diharapkan IKM komponen kapal dalam negeri dapat memenuhi pasar di Indonesia maupun ekspor.

Selain itu, kerja sama tersebut juga bertujuan untuk mendorong para pengusaha industri perkapalan di dalam negeri agar menggunakan produk komponen kapal Indonesia yang telah bersertifikat Class.

Dalam hal pembiayaan sertifikasi, Kemenperin memberikan fasilitas pembiayaan untuk mendapatkan sertifikasi dari BKI.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015