Jakarta (ANTARA News) - Menjamurnya toko online di Indonesia tidak mengurangi keyakinan Chief Executive Officer Tokopedia, William Tanuwijaya, untuk tetap maju di industri e-commerce.

"Kami percaya hanya dengan kompetisi lah maka inovasi bisa lahir. Kompetitor terbesar itu diri kami sendiri. Kami selalu mengingatkan untuk mempunyai jiwa underdog yang selalu mengalahkan diri sendiri," katanya, di Jakarta, Rabu.

William mengatakan kompetisi bisnis online akan selalu tumbuh seperti sudah masuknya ritel online global ke Indonesia, misalnya Rakuten.

"Di atas kertas kami tidak mungkin menang, tetapi karena itulah, kompetisi membuat kami berlari semakin kencang. Kami berusaha berinovasi," ucapnya.

Ia mengungkapkan, salah satu cara untuk meningkatkan inovasi adalah dengan mengembangkan kemampuan karyawan.

"Salah satu budaya kerja yang ingin kami bangun adalah semua karyawan harus mau berbagi layaknya seorang guru, tetapi juga mau belajar seperti seorang murid," kata William saat menunjukkan ruang rapat utama.

Orang-orang yang memiliki keahlian tertentu, seperti bahasa asing, misalnya, akan didorong untuk membuat kelas di luar jam kerja, layaknya kelas ekstra kurikuler di sekolah.

Pewarta: Try Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015