Jakarta (ANTARA News) - Apple meluncurkan sebuah aplikasi baru yang menyasar kepada musisi untuk merekam ide-ide mereka saat membuat lagu, demikian dilansir laman NME pada Rabu.

Music Memos adalah versi yang lebih tangguh dari aplikasi Voice Memos yang sudah dipunyai Apple sebelumnya yang memungkinkan para pengguna untuk merekam audio di iPhone dan iPad.

Aplikasi itu memiliki sejumlah fitur tambahan yang ditujukan bagi para musisi seperti perekaman dengan kualitas yang lebih tinggi, kemampuan untuk menambahkan informasi dan drum serta instrumen lain yang telah ditetapkan lebih dulu.

Tambahan lagi, Music Memos bisa mulai merekam otomatis dengan cara mendeteksi saat sebuah instrumen dimainkan dan mampu menganalisa rekaman gitar serta piano untuk memberi tahu nada atau notasi.

Apple merilis aplikasi tersebut bersamaan dengan sebuah update untuk GarageBand. Versi teranyar dari software itu mengenalkan sebuah fitur yang disebut "Live Loops" yang berfungsi mirip sebuah MPC.

T-Pain, yang mengaku dia merekam album pertamanya menggunakan aplikasi GarageBand, mengatakan update itu akan "mengubah cara seluruh generasi membuat musik."

Music Memos tersedia untuk diunduh di App Store. Awal tahun ini, Apple mengumumkan layanan streaming musik mereka sudah mencapai lebih dari 10 juta pelanggan. Angka terkini, menempatkan perusahaan itu separuh jalan menyusul pelanggan berbasis Spotify.

Penerjemah:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016