Ini merupakan pertandingan yang sangat rumit, namun kami mempersiapkan diri dengan baik, dan layak untuk menang 3-1
Berlin (ANTARA News) - Borussia Dortmund mengkonsolidasikan posisinya di peringkat kedua Liga Jerman pada Sabtu, dengan kemenangan meyakinkan 3-1 di markas Borussia Moenchengladbach untuk memangkas keunggulan pemuncak klasemen Bayern Munich.

Gol-gol Dortmund dibukukan oleh Marco Reus, Henrikh Mkhitaryan, dan Ilkay Gundogan, sedangkan gol hiburan Gladbach dikemas oleh Raffael, mengunci kemenangan yang membuat Dortmund tertinggal delapan angka dari Bayern dan unggul delapan angka atas tim peringkat ketiga Hertha Berlin.

"Meraiah kemenangan merupakan perasaan yang sangat menyenangkan dan mustahil untuk mengendalikan Gladbach selama 90 menit. Bagaimanapun juga, mereka mampu mengalahkan Bayern," kata gelandang Jerman Gundogan, mengacu kepada kemenangan 3-1 Gladbach saat menjamu Bayern bulan lalu.

"Saya gembira bahwa kami mampu menjaga Bayern tetap unggul delapan angka. Mudah-mudahan kami dapat terus memperbesar jarak antara kami dan Hertha, dengan demikian setidaknya kami mengamankan peringkat kedua," tambahnya seperti dikutip AFP.

Dortmund membuka keunggulan di markas Moenchengladbach, Borussia Park, ketika operan Gundogan di belakang area pertahanan lawan membuat Reus dapat melepaskan tembakannya di mulut gawang menuju sudut jauh pada menit ke-41.

Skor semestinya dapat berubah menjadi 2-0 saat turun minum, ketika Mkhitartan melepaskan tembakan melebar ketika gawang sudah terbuka lebar.

Pada menit ke-50, Reus berganti peran menjadi pengumpan dengan menyodorkan bola kepada Mkhitaryan yang tidak terkawal di dalam kotak penalti, untuk mencetak gol.

Penyerang asal Brasil Raffael memangkas keunggulan Dortmund dengan mencetak satu gol untuk Gladbach tujuh menit kemudian, sebelum operan Mkhitaryan tertuju kepada Gundogan yang mendapat ruang untuk melepaskan tembakan yang terdefleksi menuju gawang dengan 15 menit tersisa.

"Ini merupakan pertandingan yang sangat rumit, namun kami mempersiapkan diri dengan baik, dan layak untuk menang 3-1," kata Reus.

"Gladbach banyak menyerang sejak awal dan mereka memiliki banya resiko."

Ini merupakan kekalahan kedua Gladbach di liga sejak Andre Schubert mengambil alih tim pada September silam ketika tim masih berada di dasar klasemen. Mereka tetap menghuni peringkat keempat.

Tim peringkat ketiga Hertha membuang peluang untuk memangkas jarak dengan Dortmund melalui hasil imbang tanpa gol saat menjamu tim papan tengah Augsburg di Stadion Olympic, pada pertandingan yang dimainkan dalam kondisi dingin.

Stuttgart menjauhkan diri dari zona degradasi dengan kemenangan 3-1 di markas Cologne untuk naik ke peringkat ke-14, ketika Jurgen Kramny mencatatkan kemenangan keduanya secara beruntun yang membuatnya mendapat jabatan pelatih kepala penuh waktu.

Stuttgart menyelesaikan 2015 dengan kemenangan mengejutkan atas Wolfsburg dan menindaklanjutinya dengan kebangkitan, meski Anthony Modester mengonversi penalti di fase awal pertandingan untuk Cologne.

Stuttgart bangkit dengan gol-gol dari Daniel Didavi, Timo Werner, dan Christian Gentner.

Bayer Leverkusen tetap berada di peringkat kelima setelah mereka bermain imbang 1-1 di markas Hoffenheim, ketika gol Jiloan Hamad untuk tuan rumah dibatalkan oleh gol larut kapten Leverkusen Omar Toprak untuk menyelamatkan satu angka untuk tim tamu ketika tuan rumah meninggalkan posisi juru kunci.

Ingolstadt, yang berada pada musim perdananya di kompetisi teratas Jerman, meraih kemenangan 1-0 atas Mainz melalui penalti Moritz Hartmann untuk menduduki peringkat kesepuluh di klasemen.

Tim peserta Liga Champions Wolfsburg, yang akan berhadapan dengan Ghent pada 16 besar, bermain melawan Eintracht Frankfurt pada Minggu, sedangkan Schalke menghadapi tim papan bawah Werder Bremen.

(Uu.H-RF) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016