Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hampir seluruh wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan diguyur hujan pada Sabtu siang.

Situs resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Sabtu, memprakirakan wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Depok, Tangerang, dan Bekasi akan mengalami hujan dengan intensitas sedang pada siang hari.

Sementara wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Bogor, dan Jakarta Pusat diprakirakan pada siang hari mengalami hujan dengan intensitas ringan.

Kemudian, hujan yang diprakirakan mengguyur beberapa wilayah pada siang hari kemungkinan akan berlanjut selepas sore, seperti di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Tangerang dan Bekasi yang diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Wilayah lainnya, seperti Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Depok, dan Bogor, diprakirakan akan mengalami kondisi cuaca dengan langit berawan pada malam hari.

Sebelumnya, situs media sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan sebagian wilayah di Ibu Kota terendam air akibat hujan yang terjadi Jumat (12/2).

Wilayah yang terendam tersebut antara lain Jalan Sirsak, Jagakarsa, Jakarta Selatan dengan kedalaman air 40-50 centimeter, Kelurahan Pekayon, Pasar Cibubur dengan kedalaman air 50 centimeter, dan Kelurahan Cipinang Melayu.

BPBD DKI juga menyebutkan adanya genangan air di sejumlah lokasi pascahujan Jumat (12/2), seperti di Jalan Palmerah, Jakarta Barat dengan ketinggian 10-15 centimeter, Jalan Meninjo, Ciganjur, Jakarta selatan dengan ketinggian 10-15 centimeter, dan Jalan Masjid, Ciracas, Jakarta Timur dengan ketinggian 5-10 centimeter.

Selain itu, BMKG mengungkapkan bahwa sebagian wilayah Indonesia saat ini memasuki puncak musim penghujan.

Tekanan rendah yang terjadi di Samudera Hindia sebelah Barat Lampung hingga Australia bagian utara dan perlambatan kecepatan angin di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera hingga Laut Jawa meningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah selatan Sumatera dan Jawa.

BMKG beberapa waktu lalu mengungkapkan adanya bibit siklon tropis di perairan Samudera Hindia atau sekitar 200 km Barat Daya Selat Sunda, namun ketika memasuki puncak musim hujan bibit tersebut melemah dan menjauh ke arah selatan Indonesia.

Siklon tersebut tidak akan berdampak negatif untuk wilayah Indonesia karena menjauhi wilayah Indonesia. Biasanya siklon tropis menimbulkan angin kencang, gelombang tinggi, dan kenaikan curah hujan sehingga mengganggu pelayaran.

Prospek cuaca wilayah Jabodetabek untuk 1 minggu ke depan umumnya diprakirakan mengalami kondisi langit berawan dan hujan ringan pada pagi hari, serta berpotensi hujan ringan dan hujan lebat pada siang, sore dan malam hari.

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016