Tehran (ANTARA News) - Sekutu Presiden Iran Hassan Rouhani memenangkan semua dari 30 kursi DPRD Tehran di mana 90 persen suara Pemilu legislatif sudah masuk, lapor televisi negara seperti dikutip AFP, Minggu.

Daftar Harapan yang pro Rouhani dan dipimpin reformis Mohammad Reza Aref, mantan wakil presiden, memelorotkan calon utama kubu konservatif, Gholam-Ali Hadad Adel, sampai posisi ke-31, sehingga menyapu semua kursi.

Hadad Adel kurang 6.000 suara di belakang calon nomor 30 dari kubu reformis, sedangkan suara untuk dihitung yang masih tersisa ada 10 persen.

Hasil perdana ini didasarkan dari sekitar 2,6 juta pemilih dari total pemilih 2,9 juta pemilih di kota Tehran yang menjadi barometer politik di Iran.

Jika hasil ini sudah dipastikan, maka semua dari delapan calon perempuan dari Daftar Harapan terpilih menjadi anggota dewan.

Total 290 kursi dari seluruh provinsi akan diperebutkan pada Jumat pekan depan. Namun dalam jumlah kursi nasional ini, sekutu Rouhani kurang begitu dominan, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016