Santa Monica, California (ANTARA News) - Drama jurnalisme "Spotlight" mendominasi Independent Spirit Awards, Sabtu waktu AS, dengan merebut empat penghargaan, termasuk film terbaik.

"Spotlight," mengisahkan laporan investigatif Boson Globe mengenai pelecehan anak oleh Gereja Katolik, juga memenangkan Spirit Award untuk sutradara terbaik, skenario terbaik dan penyuntingan terbaik.

Spirit Award dperuntukkan bagi film-film independen yang dibuat dengan anggaran di bawah 20 juta dolar AS.  Peraih penghargaan ini diyakini akan meraih Oscar seperti "Birdman" tahun lalu.

"Jarang dibuat film yang dampaknya kepada dunia sebesar film ini," kata produser "Spotlight" Michael Sugar di panggung anugerah.

Film produksi Netflix, "Beasts of No Nation," mengenai tentara anak di Afrika Barat dan dibintangi para aktor kulit hitam, mendapatkan dua penghargaan, melalui pemeran utama pria terbaik Abraham Attah dan pemeran pendukung pria terbaik Idris Elba.

Bintang "Tangerine" Mya Taylor menjadi pemeran pendukung wanita terbaik, dan menjadi seniman transgender pertama yang meraih Spirit Award.

Spirit Awards diadakan di Santa Monica, California, sehari sebelum seremoni Oscar.

Bintang "Room" Brie Larson menjadi pemeran utama wanita terbaik. Larson juga calon kuat peraih Oscar untuk kategori sama.

Film drama lesbian berjudul "Carol" sebenarnya menjadi film yang paling banyak menjadi nomine, namun hanya satu yang menggondol piala ini, yakni untuk sinematografi terbaik, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016