Jambi (ANTARA News) - Pengurus KONI Provinsi Jambi memilih Gubernur Zumi Zola untuk menjadi ketua kontingen Jambi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat.

"Kita sudah tetapkan bahwa Gubernur Jambi Zumi Zola akan memimpin kontingen Jambi pada PON 2016 di Jawa Barat," kata Ketua Umum KONI Jambi Indra Armendaris di Jambi, Selasa.

Kepastian ini sudah didapat beberapa waktu lalu usai pimpinan KONI Provinsi Jambi beraudiensi dengan Gubernur Zumi Zola dan pengurus sudah mendapat kepastian gubernur bersedia menjadi ketua kontingen.

Kehadiran sosok Zumi Zola sebagai Gubernur dan Ketua Kontingan Jambi diharapkan mampu mendongkrak kepercayaan diri para atlet sehingga bisa menunjukkan prestasi terbaiknya buat daerah pada PON XIX September mendatang.

Indra Armendaris juga mengatakan bahwa Zulkifli Nurdin masuk sebagai anggota dewan kehormatan. Untuk posisi dewan kehormatan, seseorang memang dipilih karena ketokohannya, terutama di dunia olahraga.

Saat ini pengurus KONI Jambi sedang mempersiapkan kegiatan pemusatan latihan daerah (Pelatda) untuk para atlet yang akan bertanding di ajang Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 di Jawa Barat.

Jumlah atlet yang akan masuk Pelatda itu sebanyak 249 orang dari 28 cabang olah raga yang telah meraih tiket PON.

Kegiatan Pelatda akan dimulai pada 10 Maret 2016, dengan tahapan pelatda jalan selama tiga bulan dan sisanya akan dilakukan pelatda inap terpusat.

Kemudian untuk tahapan pelatda inap terpusat, KONI Jambi akan memilih cabang olahraga prioritas yang akan dimasukkan pada pelatda tersebut dan tidak semua cabang yang ikut karena keterbatasan anggaran.

Sementara itu untuk cabang olahraga yang tidak masuk pada tahapan program pelatda inap yakni cabang non prioritas akan dikembalikan persiapannya kepada pengurus cabang masing-masing.

Ke-28 cabang olahraga yang akan dipelatdakan adalah judo, drum band, sepeda, wushu, tinju, angkat beai dan angkat berat, kempo, boling, karate, taekwondo, senam dan dayung. Kemudian tenis meja, tarung drajat, panahan, gulat, balap motor, sepatu roda, polo air dan renang, catur, atletik, panjat tebing, sepak takraw, bulu tangkis, biliar, pencak silat, bola basket dan menembak.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016