Banda Aceh (ANTARA) - Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Aceh memfokuskan pemusatan latihan daerah (pelatda) tim catur yang dipersiapkan ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Jakarta.

Ketua Pengurus Provinsi Percasi Aceh Ihsanuddin MZ di Banda Aceh, Jumat, mengatakan dipilihnya Jakarta untuk tempat pelatda tim catur PON Aceh untuk memudahkan atlet melakukan uji tanding.

"Selama ini, pelatda dilakukan di Banda Aceh. Ke depan, kami fokuskan pelatda tim catur dilakukan di Jakarta. Pelatda di Jakarta direncanakan usai lebaran Idul Fitri," kata Ihsanuddin.

Ihsanuddin menyebutkan tim catur Aceh yang dipersiapkan ke PON 2024 terdiri enam atlet putra dan enam atlet putri. Aceh akan mengikuti nomor beregu dan perseorangan, baik putra maupun putri di PON 2024 nanti.

PON 2024 dengan tuan rumah bersama Provinsi Aceh dan Sumatera Utara yang dijadwalkan pada September 2024. Cabang olahraga catur dilaksanakan di Berastagi, Sumatera Utara.

Baca juga: Pj Gubernur Aceh minta konsep pembukaan PON bernilai kearifan lokal

Menurut Ihsanuddin, pelaksanaan pelatda di Jakarta untuk memudahkan atlet catur Aceh mendapatkan lawan uji tanding yang kuat. Selain di Jakarta, uji tanding juga bisa dilakukan dengan atlet lainnya Pulau Jawa.

"Kalau di Aceh, tentu sulit mendapatkan lawan uji tanding. Kalau di Jakarta, atlet Aceh bisa uji tanding dengan pecatur papan atas di Indonesia dan dari berbagai provinsi di Pulau Jawa," kata Ihsanuddin.

Menurut Ihsanuddin, pelatda tim catur di Jakarta dilaksanakan hingga perhelatan PON. Pelatda tim catur tersebut dipimpin Dian Maulana sebagai pelatih kepala.

"Target yang diamanahkan kepada Percasi Aceh cukup besar, yakni meraih medali emas PON. Jadi, kami fokuskan pelatda tim catur di Jakarta agar kemampuan atlet meningkatkan disertai uji tanding yang memadai," katanya.

Menyangkut pelatda di Jakarta tersebut, kata dia, Pengurus Provinsi Percasi Aceh sudah menyurati Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh guna mendapatkan persetujuan dari induk organisasi cabang olahraga tersebut.

"Apa yang kami lakukan ini untuk meningkatkan kualitas tim catur Aceh pada PON 2024. Dari progres selama pelatda di Aceh, kemampuan atlet catur, baik putra maupun putri mengalami peningkatan," kata Ihsanuddin.

Baca juga: KONI imbau seluruh cabang olahraga gunakan produk lokal pada PON XXI
Baca juga: KONI : Pembangunan venue PON 2024 di Sumut rampung 90 persen

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024