Batam (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengimbau warga Kepulauan Riau untuk berhati-hati dalam melakukan aktivitas transportasi laut karena gelombang tinggi dan arus laut yang relatif kuat pada Minggu.

Prakirawan BMKG Batam Adhitya Prakoso menyampaikan kondisi arus laut di Kepri mencapai 85 cm per detik, paling tinggi terjadi di perairan Natuna dan Anambas.

Sedangkan gelombang laut diperkirakan mencapai tiga meter.

"Untuk aktivitas transportasi di laut harap berhati-hati terhadap gelombang laut yang cukup tinggi di perairan Natuna dan Anambas serta arus laut yang cukup kuat di perairan Kepri," kata Adhitya pula.

Secara umum cuaca diperkirakan berawan dan berpeluang hujan ringan serta disertai petir bersifat lokal.

Namun menurut Adhitya, kondisi itu masih kondusif untuk transportasi darat dan udara.

Dia menjelaskan, pola belokan angin di sekitar wilayah Kepri terjadi akibat adanya daerah bertekanan rendah di sebelah barat daya Pulau Sumatera hingga menyebabkan adanya penumpukan massa udara.

Namun kecepatan angin yang cukup tinggi dan kelembaban udara yang tidak terlalu besar di lapisan atas kurang mendukung pertumbuhan awan.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Minggu pagi berawan, dan siang berawan hujan ringan, serta malam kembali berawan.

Kecepatan angin diprakirakan 5 sampai 35 kilometer per jam arah timur laur.

Suhu udara di Batam antara 25 sampai 32 derajat Celsius dengan kelembaban udara 62 sampai 92 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,3 sampai 1,3 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan, dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 33 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 25 sampai 32 derajat Celsius dengan kelembaban udara 65 sampai 97 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,3 sampai 1,8 meter.

Karimun pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan, dan malam berawan. Kecepatan angin mencapai 5 sampai 35 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Karimun antara 25 sampai 32 derajat Celsius dengan kelembaban 62 sampai 90 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,3 sampai 1 meter.

Cuaca di Lingga Minggu pagi hingga siang berawan dan malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan 5 sampai 35 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Lingga antara 25 sampai 32 derajat Celsius dengan kelembaban 69 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,3 sampai 1,5 meter.

Kabupaten Natuna pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5 sampai 38 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Natuna antara 25 sampai 33 derajat Celsius dengan kelembaban 67 sampai 92 persen. Gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai 3 meter.

Sedangkan di Kabupaten Kepulauan Anambas, pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5 sampai 35 km per jam arah utara.

Suhu udara Anambas antara 24 sampai 31 derajat Celsius arah barat daya dengan kelembaban 65 sampai 90 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 0,5 sampai 2,5 meter.02:11

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016