Jakarta (ANTARA News) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat merintis kerja sama dengan Korea Selatan terutama dalam hal yang mendukung pembinaan dan peningkatan prestasi atlet Indonesia yang dipersiapkan turun di kejuaraan internasional.

Kerja sama ini terjalin setelah pihak KONI Pusat yang diwakili oleh sang ketua Tono Suratman, Wakil Ketua Umum 1 Suwarno, Wakil Ketua Umum II Inugroho dan Kabid Sport Science Lilik Sudarwati melakukan kunjungan langsung ke Negeri Ginseng itu.

"Kami akan segera menindaklanjuti hasil positif kunjungan ke Korea Selatan. Banyak hal yang harus secepatnya direalisasikan," kata Wakil Ketua Umum II KONI Pusat, Inugroho dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Selama berkunjung ke Korea Selatan, 11-16 April, rombongan KONI Pusat ini berkunjung ke beberapa tempat dan yang pertama ke mengunjungi Universitas Yong In. Di universitas tersebut, pihak KONI diterima oleh Rektor Miss Park. Dalam pertemuan tersebut dibahas masalah bantuan pelatihan bagi atlet maupun pelatih.

Selain itu, rombongan KONI juga melihat secara dekat fasilitas pelatihan yang dimiliki universitas tersebut. Fasilitas yang dimiliki lengkap dan modern. Universitas ini juga dikenal dengan fakultas yang fokus ke olahraga beladiri mulai taekwondo, judo, gulat dan tinju.

"Fasilitasnya sangat lengkap dan didukung dengan sport science yang aplikatif ," kata Inugroho menambahkan.

Setelah berkunjung ke Universitas Yong In, rombongan KONI juga melakukan audiensi dengan Ketua Komite Olahraga Nasional (NOC) Korea Selatan. Dalam kesempatan tersebut juga mengunjungi training Centre yang dimiliki Negeri Ginseng itu. Selain itu juga melakukan audiensi dengan Walikota Incheon dan melihat dari dekat venue ex Asian Games 2014.

Rombongan KONI Pusat setelah melakukan audiensi dengan beberapa pihak dilanjutkan dengan penandatangan MoU dengan lima perusahaan yang bergerak dibidang sarana dan prasarana penunjang fasilitas olahraga yaitu PT Musco yang bergerak di bidang lampu, PT Samik Scorringboard, PT JMON untuk sound system, PT Plubber joging track dan PT World Green: rumput sintetis.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016