Rio De Janeiro (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan Brasil tengah tenggelam dalam resesi yang mendalam karena masalah ekonomi dan politik yang berkelanjutan.

Dalam sebuah laporan terbaru berjudul "Regional Economic Outlook: Western Hemisphere", yang dirilis pada Rabu, IMF mengatakan berlanjutnya ketegangan politik di Brasil menunda pemulihan investasi dan kegiatan ekonomi.

Laporan ini menyajikan konsekuensi dari resesi ekonomi yang lebih dalam di Brasil, termasuk dampak negatif pada ekonomi regional lainnya dan permintaan yang lebih rendah untuk ekspor.

IMF percaya Argentina, Paraguay dan Uruguay sangat terancam oleh dampak ekonomi Brasil, menambahkan risiko-risiko ke seluruh kawasan.

Pada 12 April, IMF memprediksi ekonomi Brasil akan mengalami kontraksi 3,8 persen tahun ini.

Selanjutnya, krisis Brasil bisa menyebabkan kejatuhan mendadak ekonomi regional, menurunkan permintaan ekspor antara mitra komersial Amerika Latin, dan peningkatan persepsi risiko dari pasar internasional.

Ekonomi Brasil, sudah babak belur oleh harga komoditas yang rendah, inflasi dan pengangguran, telah lebih terkepung oleh upaya pemakzulan terhadap Presiden Dilma Rousseff dan masalah politik yang menyertainya, demikian seperti dikutip dari Xinhua.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016