Jakarta (ANTARA News) - Layanan pesan instan milik Facebook, WhatsApp, telah membuat banyak perubahan akhir-akhir ini. Terbaru, WhatsApp menghadirkan fitur enkripsi end-to-end dan dukungan berbagi dokumen.

Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif dan terus bertambah, fitur transfer file tampaknya menjadi perhatian WhatsApp, serta juga akan menambah fitur berbagi file ZIP.

Dengan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) dari WhatsApp yang semakin mapan, panggilan suara juga akan ditingkatkan dengan fitur call-back dan dukungan voice mail.

File ZIP akan memungkinkan pengguna untuk berbagi sejumlah file dalam arsip tunggal. Tidak hanya itu, file ZIP juga akan membantu mengurangi ukuran total file.

WhatsApp telah mendukung sejumlah ekstensi dokumen, namun ZIP akan mempermudah dalam mengirim banyak file.

Pada saat pesan instan menghadirkan panggilan suara real-time, pengiriman dan penerimaan pesan suara tampaknya tak lagi digunakan. Meskipun pengguna dapat mengirim voice note ke kontak WhatsApp mereka, WhatApp kabarnya akan menambah fungsionalitas voice mail.

Sedangkan fitur call-back akan memungkinkan pengguna dengan cepat kembali menghubungi panggilan tidak terjawab tanpa harus membuka WhatsApp.

Sayangnya belum diketahui kapan fitur-fitur tersebut akan meluncur di WhatsApp, baik Android maupun iOS, demikian Phone Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016