Jakarta (ANTARA News) - Startup finansial technology Pinjam.co.id menghadirkan solusi kebutuhan dana cepat.

Co-founder Pinjam.co.id, Teguh Basuki Ariwibowo, menjelaskan bahwa layanan dana cepat biasa digunakan oleh UKM dan SME (Small Medium Enterprise) untuk biaya operasional bisnis. Mereka juga menawarkan kebutuhan untuk perseorangan.

"Kami bisa menjadi salah satu solusi di antara masalah-masalah personal finance itu sendiri," kata dia, di Jakarta, Jumat.

"Teknologi yang kami ciptakan menjadi landing platform. Kami ingin menjadi pusat ataupun akses untuk solusi kebutuhan dana cepat," sambung dia.

Untuk melakukan proses gadai, customer dapat masuk ke situs Pinjam.co.id dengan memasukkan foto dan keterangan barang jaminan.

Selanjutnya, pelanggan mendapatkan taksiran barang secara online. "Taksiran online itu kami kembangkan secara real time, jadi tidak ada orang di belakang yang menjawab setiap taksiran," kata Teguh.

Setelah itu, jika customer setuju dengan estimasi harga taksiran, mereka dapat datang ke kantor Pinjam.co.id, ataupun kantor mitra Pinjam.co.id, ataupun menggunakan layanan jemputan.

"Setelah kami cek, mereka akan mendapat konfirmasi harga, kalau oke akan kami proses on time, baru kami transfer uangnya, jadi pencairannya masih dengan menggunakan bank transfer," jelas Teguh.

Pelanggan akan dikenai tarif biaya peminjaman 0,7 persen per minggu. Sementara proses pencairan hanya butuh 2 sampai 3 jam. Untuk kategori barang jaminan, Pinjam.co.id menerima emas, perhiasan, elektronik, dan BPKB.

Waktu penebusan barang jaminan paling lama 16 minggu. Untuk pengajuan pertama 12 minggu, dan bisa diperpanjang empat minggu kemudian, total sekitar 3 sampai 4 bulan.

Teguh menjelaskan bahwa startup yang baru didirikan April 2015 itu tahun ini akan fokus pada pengembangan channel.

"Harapannya Pinjam sebagai platform dan lembaga layanan finansial yang sudah ada itu menjadi partner channel kami, sehingga dari situ kita bisa tumbuh bersama-sama, itu fokus kami tahun ini," lanjut dia.

Teguh juga akan meluncurkan aplikasi mobile dalam waktu dekat.

"Rencananya di bulan depan, Juni, kami akan meluncurkan mobile apps kami. Kalau kita lihat di Indonesia, semua sudah pakai handphone, dengan penetrasinya yang besar itu menjadi tantangan bagi kami tahun ini," kata dia.

Pinjam.co.id juga akan meluncurkan produk baru bernama Dana Amanah. "Ketika mereka mempunyai karakter yang bagus, punya kemampuan untuk membayar dan melakukan pinjaman akan kami lakukan pengembangan produk yang akan kami sebut sebagai Dana Amanah," tambah dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016