Program ini dilakukan jajaran Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM sebagai bentuk kesungguhan dalam mewujudkan pelayanan kepastian,"
Jakarta (ANTARA News) - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan menggulirkan dua program unggulan pelayanan penyerahan paspor ke rumah pemohon (delvery order) dan kemudahan pelayanan pagi hari (early morning service).

"Program ini dilakukan jajaran Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM sebagai bentuk kesungguhan dalam mewujudkan pelayanan kepastian," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jekarta Selatan Cucu Koswala di Jakarta Jumat.

Cucu menyebutkan pihaknya berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-108.

Kepala Imigrasi Jakarta Selatan menyatakan situasi pelayanan pada seluruh kantor imigrasi menunjukkan antrean yang cukup panjang mulai pagi hari atau sebelum layanan dibuka.

Hal itu dimaklumi karena masyarakat terbiasa memulai aktivitas sejak pagi hari sehingga dapat menyelesaikan urusan lebih awal.

Melalui pelayanan kemudahan pagi hari, menurut Cucu, masyarakat tidak perlu mengambil cuti kerja.

"Kami mencoba memanfaatkan dinamika untuk hadir lebih pagi agar memberikan manfaat lebih berarti bagi masyarakat, ujar Cucu.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan akan buka pelayanan mulai pukul 06.00 WIB setiap Selasa dan Jumat.

Selain itu, Imigrasi Jakarta Selatan juga berinovasi mengantarkan paspor yang telah jadi ke rumah pemohon melalui PT Pos Indonesia tanpa dikenakan tarif atau gratis.

Cucu berharap kedua program pelayanan unggulan itu dapat memudahkan masyarakat untuk mengajukan permohonan paspor.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016