Siklus 36 tahun sekali momentum Jakarta Fair berbarengan dengan bulan Ramadhan dan libur Lebaran justru mendatangkan peluang tersendiri bagi seluruh pelaku usaha yang berpartisipasi,"
Jakarta (ANTARA News) - Pameran dan festival tahunan Jakarta Fair akan diselenggarakan di JIExpo Kemayoran pada 10 Juni-17 Juli 2016 bertepatan dengan momen puasa dan Lebaran.

"Siklus 36 tahun sekali momentum Jakarta Fair berbarengan dengan bulan Ramadhan dan libur Lebaran justru mendatangkan peluang tersendiri bagi seluruh pelaku usaha yang berpartisipasi," ujar Direktur Pemasaran PT JIExpo Ralph Scheunemann dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Pameran yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo itu ditargetkan menarik lima juta pengunjung dan nilai transaksi sedikitnya Rp5 triliun selama 38 hari penyelenggaraan.

Mengangkat slogan "Ayo Lebaran Bersama di Jakarta Fair", pihak penyelenggara berharap acara tersebut dapat menjadi destinasi alternatif bagi masyarakat yang ingin mengisi libur Lebaran selain mengunjungi objek-objek wisata.

Meskipun banyak warga Ibu Kota yang mudik menjelang Lebaran, PT JIExpo mengaku tidak khawatir tradisi tersebut akan mengurangi jumlah pengunjung.

"Penduduk yang mudik sekitar 30 persen, yang tertinggal di Jakarta kan jumlahnya masih sekitar lima sampai enam juta orang dari total sembilan juta orang," kata Ralph.

Selain itu, warga dari luar daerah yang akan mudik ke Jabodetabek dianggap sebagai potensi pasar tambahan untuk ikut mendukung penyelenggaraan Jakarta Fair 2016.

Sebagai tujuan wisata belanja, Jakarta Fair akan diikuti oleh lebih dari dua ribu perusahaan peserta mulai dari perusahaan multinasional, BUMN, UMKM, dan anjungan pemerintah provinsi atau kabupaten/kota dari seluruh penjuru Tanah Air.

Tahun ini, pihak penyelenggara juga menyiapkan wahana permainan baru yakni "ice skating", "snow playground", dan penjara setan.

Jakarta Fair 2016 akan dibuka setiap hari selama bulan Ramadhan mulai pukul 15.30-22.00 pada Senin-Jumat dan 10.00-23.00 pada Sabtu-Minggu.

Pengunjung dapat menikmati kemeriahan Jakarta Fair 2016 dengan membayar tiket masuk sebesar Rp20.000 pada Senin, Rp25.000 pada Selasa-Kamis, Rp30.000 pada Jumat-Minggu dan hari libur nasional.

Pewarta: Yashinta Difa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016