Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nekertransgi) Jakarta Barat menyediakan 2.900 lowongan dalam bursa kerja (Job Fair II) di Mall Taman Palem, Jalan Kamal Raya, Cengkareng Timur, Cengkareng.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Nakertransgi Jakbar, Jackson Sitorus mengatakan, bursa kerja tersebut berlangsung selama dua hari pada 1-2 Agustus 2023.

"Kegiatan diikuti 40 perusahaan dari berbagai bidang dengan 2.900 lowongan pekerjaan yang tersedia," ungkap Jacson saat ditemui di lokasi pada Selasa.

Ia menyebutkan, sebanyak 2.000 lebih peserta sudah mendaftar secara daring. "Masih terus bertambah (jumlah pendaftar)," kata dia.

Tujuan kegiatan tersebut adalah mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Baca juga: Pemkot: 3.105 warga dipanggil wawancara usai bursa kerja

"Untuk itu saya harap agar para pencari kerja memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin sehingga kemudian berdampak pada penurunan angka pengangguran di Jakarta Barat dan secara umun di DKI Jakarta," kata dia.

Ia mengatakan, bursa kerja selanjutnya akan dilaksanakan pada Oktober 2023. "Oktober nanti (2023)," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Disnakertransgi DKI Jakarta, Hedy Wijaya mengapresiasi diadakannya kembali bursa kerja ke-2 oleh Sudin Nakertransgi Jakarta Barat.

"Disnakertransgi DKI Jakarta selama ini terus berupaya mengentaskan dan meminimalisir jumlah pengangguran di DKI Jakarta dan dari banyak program salah satunya 'job fair' yang diadakan oleh tiap wilayah," ujar Hedy.

Ia menyebutkan, bursa kerja ke-2 di Jakarta Barat (Jakbar) ini pelamar memiliki kompetensi untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia.

Baca juga: Pemkot: 1.249 warga dapat pekerjaan dari dua kegiatan bursa kerja

Hedy menyebutkan, Survey Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) pada Februari 2023 menyatakan data pengangguran di DKI Jakarta sebesar 7,57 persen dan untuk Jakarta Barat 7,1 persen.

Angka tersebut merupakan data di Februari 2023. Untuk data di Agustus angkanya cenderung meningkat.

"Jadi diharapkan dengan kegiatan Job Fair II ini, warga DKI Jakarta, khususnya warga Jakarta Barat yang sedang mencari pekerjaan dapat mengisi lowongan kerja yang ada sehingga angka pengangguran semakin berkurang," katanya.

Ika (23), seorang warga Kapuk, Cengkareng, yang mengikuti kegiatan tersebut berharap dapat mendapat pekerjaan dari  bursa kerja yang diadakan Sudin Nakertransgi Jakarta Barat tersebut.

"Saya baru lulus S1 dari universitas di Malang dan melamar pada salah satu perusahaan di bidang keuangan. Kegiatan ini sangat membantu saya untuk melamar pekerjaan dan mudah-mudahan diterima," ungkap dia.

Baca juga: Warga padati bursa kerja di Mall Taman Palm Cengkareng

Selain Ika, ada juga Vina (23), seorang lulusan jurusan administrasi publik di salah satu universitas di Jakarta.

Vina mengaku bursa kerja kali ini adalah yang kelima baginya. Ia berharap agar bursa kerja kali ini juga mengutamakan lulusan baru seperti dirinya.

"Mungkin yang selama ini yang diutamakan itu yang sudah berpengalaman ya, tetapi yang lulusan baru juga punya daya tawar," katanya.

Dia menyadari banyak saingan dan juga sudah mengikuti banyak pelatihan di bidang administrasi. "Saya berharap agar kali ini bisa mendapatkan pekerjaan," ungkap Vina.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023