Bordeaux, Prancis (ANTARA News) - Tim nasional Wales berhasil memenangi laga debut mereka di kancah Piala Eropa setelah mengalahkan sesama tim debutan, Slowakia, dengan skor 2-1 dalam laga penyisihan Grup B di Stadion Matmut Atlantique, Bordeaux, Prancis, Minggu dini hari WIB.

Kemenangan tersebut diraih Wales berkat gol yang dicetak Gareth Bale pada menit 10 dan penyerang pengganti Hal Robson-Kanu pada menit 81, sementara Slowakia sempat membalas lewat pemain pengganti Ondrej Duda pada menit 61.

Berkat kemenangan tersebut, tim besutan Chris Coleman sementara memimpin klasemen Grup B, menanti hasil laga lain antara Inggris melawan Rusia yang akan berlangsung di Stadion Velodrome, Marseille.

Slowakia sebetulnya memulai pertandingan dengan percaya diri dan menebar ancaman di hadapan gawang Wales, sayangnya aksi individual bintang Napoli, Marek Hamsik, pada menit 3 yang diakhiri dengan sepakan terarah ke dalam gawang berhasil disapu oleh bek Tottenham Hotspur Ben Davies di depan gawang.

Pada menit 10, Jonathan Williams dilanggar barisan pertahanan Slowakia tak jauh dari kotak penalti. Bale yang menjadi algojo dengan dingin menyarangkan bola mati ke dalam gawang yang dikawal Matus Kozacik.

Gol tersebut seolah menjadi reka ulang gol perdana Bale untuk Wales pada 2006 silam yang juga ia cetak ke gawang Slowakia.

Usai turun minum, di tengah upaya menyamakan kedudukan pelatih Slowakia melakukan pergantian ganda pada menit 60, yakni Adam Nemec untuk Michal Duris dan Duda untuk Patrik Hrosovsky.

Keputusan itu terbukti ampuh, sebab sentuhan pertama Duda terjadi di dalam kotak penalti menyambut bola sodoran Robert Mak untuk melepaskan tendangan kaki kiri terarah yang tak mampu dihalau penjaga gawang Danny Ward.

Coleman lantas menyuntik darah segar di lini depan serangan Wales dengan memasukkan Robson-Kanu menggantikan Williams pada menit 71, yang belakangan terbukti jadi keputusan penting.

Berawal dari keberhasilan Aaron Ramsey merebut bola tak jauh dari kotak penalti lawan, gelandang Arsenal itu menggiring bola mengelabui kapten Slowakia Martin Skrtel sebelum melepaskan umpan yang meski tidak diselesaikan sempurna oleh Robson-Kanu namun sentuhan kaki kirinya berhasil membuat bola bergulir ke gawang lawan. Wales 2 Slowakia 1.

Pada menit 86, Slowakia hampir menyamakan kedudukan jika saja tandukan Nemec menyambut bola umpan silang Dusan Svento tak ditolak oleh tiang gawang.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Wales (3-5-2): Danny Ward (PG); James Chester, Ashley Williams, Ben Davies; Chris Gunter, David Edwards (Joe Ledley), Joe Allen, Aaron Ramsey (Jazz Richards), Neil Taylor; Jonathan Williams (Hal Robson-Kanu), Gareth Bale
Pelatih: Chris Coleman

Slowakia (4-2-3-1): Matus Kozacik (PG); Peter Pekarik, Martin Skrtel, Jan Durica, Dusan Svento; Juraj Kucka, Patrik Hrosovsky (Ondrej Duda); Robert Mak, Marek Hamsik, Vladimir Weiss (Miroslav Stoch); Michal Duris (Adam Nemec)
Pelatih: Jan Kozak.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016