Jakarta (ANTARA News) - Kepala Satuan Sarana Parkir Dinas Perhubungan DKI Jakarta Ricky Hermawan mengatakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah menginstruksikan untuk menghapus parkir liar di sekitar kawasan Kemayoran saat berlangsungnya ajang Jakarta Fair Kemayoran 2016.

"Memang ini adalah instruksi dari Gubernur agar tidak ada lagi parkir-parkir liar berkeliaran. Bisa dilihat sendiri di area sekitar Jakarta Fair sudah bersih dan tidak ada lagi parkir yang sembarangan," ungkap Ricky di Jakarta, Selasa.

Jakarta Fair diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Kota Jakarta dan ajang tahunan itu dinilai telah menjadi salah satu ikon Jakarta sehingga kawasan di sekitarnya harus tampak rapi dan nyaman untuk pengunjung.

Untuk itu Dinas Perhubungan DKI Jakarta menerapkan manajemen khusus agar tidak ada parkir liar di kawasan Kemayoran antara lain menyiapkan kantong-kantong parkir di sekitar Arena Jakarta International Expo yang dapat dipakai saat pengunjung membludak.

Saat pengunjung normal arus parkir akan dimasukkan ke dalam arena parkir milik PT Jakarta International Expo namun saat arus pengunjung padat maka Dinas Perhubungan akan mengalihkan arus parkir ke beberapa kantong yang telah disediakan.

Ricky menjelaskan pihak penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran sudah menyiapkan parkir yang aman dan murah di dalam arena Jiexpo.

"Kami juga berkoordinasi dengan TNI, Polri, Satpol PP dan pihak JIExpo dalam hal parkir di area Jakarta Fair. Pihak Dishub juga sudah menyediakan kantong parkir di dekat kawasan Jakarta Fair untuk mencegah kemacetan," tambahnya.

Jakarta Fair Kemayoran 2016 dibuka mulai 10 Juni dan akan berlangsung 38 hari hingga 17 Juli yang menyuguhkan pameran perdagangan dan beraneka hiburan maupun sarana permainan untuk keluarga.

Jakarta Fair tetap dibuka saat hari-H lebaran yang diharapkan akan menjadi tujuan keluarga menghabiskan libur Lebaran di Jakarta.

Setiap hari Jakarta Fair dibuka mulai 15.30 WIB dengan tiket masuk Rp25.000 pada hari biasa dan dibuka mulai 10.00 WIB dengan tiket masuk Rp30.000 pada akhir pekan maupun hari libur nasional.

Setiap hari Senin diberlakukan diskon tiket masuk menjadi hanya Rp20.000

Berbagai hiburan disiapkan oleh penyelenggara seperti konser musik selama 38 hari menampilkan band dan penyanyi ternama Tanah Air, kontes ratu kecantikan Miss Jakarta Fair, kontes "cosplay" dan karnaval budaya.

Selain itu juga disiapkan arena permainan seperti terdapat "ice skating", rumah hantu Penjara Setan, taman lampion The Garden of Lights dan arena permainan luar ruangan Wild West.

Pewarta: Arie Novarina
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016