Berlin, Jerman (ANTARA News) - Roger Federer menampilkan apa yang disebutnya pertandingan terbaik sejak kembali dari cedera, ketika menang 6-1, 7-6 (10) atas petenis Belgia David Goffin untuk mencapai semifinal Gerry Weber Terbuka di Halle, Jumat waktu setempat.

Petenis Swiss yang mengincar gelar kesembilan pada ajang pemanasan turnamen lapangan rumput Wimbledon itu akan memainkan partai final kesebelasnya di Halle jika mengalahkan petenis berbakat asal Jerman Alexander Zverev pada semifinal Sabtu ini.

Unggulan teratas Federer, yang kembali bugar setelah absen pada Prancis Terbuka karena cedera punggung, melaju dengan set pertama saat melawan unggulan kelima itu namun ia melengkapi kemenangannya dalam waktu satu jam 21 menit setelah menyelamatkan lima set point pada set kedua.

"Menurut saya ini adalah pertandingan terbaik saya sejauh ini," kata Federer. "Ini adalah kemenangan yang besar saya dan saya sungguh senang berada di semifinal."

Lawan selanjutnya petenis 34 tahun itu adalah Zverev, petenis 19 tahun yang meneruskan musim penuh dobrakannya dengan kemenangan 7-6 (9), 6-3 atas Marcos Baghdatis dari Siprus.

Federer terpukau dengan lawannya yang masih berusia muda, dengan berkata, "Ia memiliki serve keras, ia memiliki backhand yang bagus, ia mengembangkan forehand-nya dan ia bergerak maju. Ia akan menjadi pemain tangguh di masa mendatang, tidak diragukan lagi."

Semifinal lain akan menampilkan unggulan ketiga asal Austria Dominic Thiem yang mengincar gelar kelimanya musim ini, melawan petenis Jerman Florian Mayer yang menang 7-6 (4), 6-3 atas Andreas Seppi pada perempat final.

Thiem berharap dapat mengulangi kemenangannya atas Philipp Kohlschreiber di final Piala Mercedes akhir pekan silam, namun petenis Jerman itu mengundurkan diri sebelum pertandingan delapan besar akibat cedera pinggang, demikian Reuters.

(H-RF/I015)


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016