New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street berakhir melonjak pada Kamis (Jumat pagi WIB), bergabung dengan bursa-bursa global dalam reli, ketika Inggris memilih dalam persaingan yang ketat apakah akan meninggalkan atau tetap di Uni Eropa.

Dengan jajak pendapat menunjukkan dalam referendum apapun bisa terjadi, para analis mengatakan investor diposisikan untuk hasil "Tetap" setelah jajak pendapat menunjukkan kubu pro-Uni Eropa mendapatkan kekuatan minggu ini. Saham-saham jatuh pada sebagian besar minggu lalu ketika tampak seolah-olah "Tinggalkan" akan menang.

Sektor-sektor yang menikmati keuntungan besar termasuk bank-bank, energi dan teknologi.

"Hari ini adalah semata-mata tentang lindung nilai dan menyiapkan portofolio," kata Michael James, direktur pelaksana perdagangan ekuitas di Wedbush Securities. "Hari ini adalah satu hari, dan sebagian besar kekacauan akan terjadi besok, naik atau turun."

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 230,24 poin (1,29 persen) menjadi ditutup pada 18.011,07. Indeks berbasis luas S&P 500 naik 27,87 poin (1,34 persen) menjadi berakhir di 2.113,32, sementara indeks komposit Nasdaq melonjak 76,72 poin (1,59 persen) menjadi 4.910,04.

Bank-bank besar AS naik tajam, dengan Bank of America meningkat 3,2 persen, Citigroup melonjak 4,2 persen dan JPMorgan Chase naik 2,1 persen.

London adalah markas Eropa untuk bank-bank dan pilihan untuk keluar dari Uni Eropa bisa memaksa mereka membuat perubahan mahal untuk operasi mereka. Keuntungan juga datang menjelang rilis hasil "stress test" (uji ketahanan) terbaru Federal Reserve untuk bank-bank, menilai kekuatan modal mereka untuk menahan krisis.

Saham-saham terkait minyak bumi juga naik karena harga minyak lebih tinggi, dengan Chevron, Devon Energy dan Halliburton semua meningkat lebih dari dua persen.

Perusahaan-perusahaan chip juga membukukan keuntungan setelah analis meningkatkan peringkat Micron Technology, yang melonjak 10,5 persen. Western Digital melonjak 5,1 persen dan Intel naik 2,2 persen.

Perusahaan kompotasi awan (cloud computing) Twilio naik hampir dua kali lipat pada hari pertama perdagangannya, melompat 91,9 persen setelah penawaran umum perdana mengumpulkan 150 juta dolar AS.

Macys maju 1,7 persen karena mengumumkan bahwa ketua perusahaan Jeff Gennette akan menjadi kepala eksekutif pada kuartal pertama 2017. CEO Terry Lundgren akan bergeser ke pimpinan eksekutif.

Southwest Airlines jatuh 1,7 persen setelah mendorong kembali tanggal pengiriman 67 pesawat Boeing baru. Boeing naik 1,4 persen., demikia AFP.

(A026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016