Lyon, Prancis (ANTARA News) - Tim nasional Republik Irlandia untuk sementara mengungguli Prancis 1-0 hingga babak pertama usai dalam laga 16 besar Piala Eropa 2016 di Stadion Parc OL, Lyon, Prancis, Minggu.

Keunggulan Irlandia diperoleh berkat eksekusi penalti yang dilakukan oleh Robbie Brady saat pertandingan baru berjalan dua menit, yang diberikan wasit Nicola Rizzoli karena Paul Pogba dianggap menjatuhkan Shane Long di dalam kotak penalti Prancis.

Apabila kedudukan bertahan, Irlandia bukan hanya sukses melangkah ke perempat final Piala Eropa, namun juga menuntaskan dendam beberapa tahun silam saat mereka tersingkir dari laga playoff Piala Dunia 2010 lantaran gol handball Thiery Henry.

Bila melaju Irlandia akan menghadapi pemenang antara Inggris melawan Islandia di babak perempat final.

Sebagai tim yang lebih diunggulkan tuan rumah Prancis sebetulnya tampil cukup dominan sepanjang 45 menit pertama dengan memiliki 63 persen pengendalian bola dan melepaskan tujuh percobaan tembakan yang empat di antaranya menemui sasaran.

Setelah tertinggal lewat gol cepat, Prancis berusaha membalas namun tendangan bebas Dimitri Payet yang disambut sundulan Antoine Griezmann masih tepat mengarah ke penjaga gawang Darren Randolph pada menit 18.

Randolph juga tak terlalu kesulitan untuk menghalau upaya sepakan jarak jauh Grizmann menit 22 dan tendangan bebas yang melengkung cantik Pogba pada menit 23.

Sebaliknya penjaga gawang Hugo Lloris juga berhasil menyelamatkan gawangnya dari gol kedua saat lemparan ke dalam Irlandia berujung tendangan terarah Daryl Murphy di dalam kotak penalti pada menit 21, sementara bola muntahan upaya tersebut tak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Jeff Hendrick yang melepaskan sepakan lemah tepat ke pelukan Lloris.

Di pengujung babak pertama di berikan waktu empat menit tambahan, yang di dalamnya terjadi kemelut di depan gawang Irlandia namun tembakan Payet dan Griezmann tak pernah mencapai gawang maupun Randolph.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Prancis (4-3-3): Hugo Lloris (PG); Bacary Sagna, Adil Rami, Laurent Koscielny, Patric Evra; Paul Pogba, N'Golo Kante, Blaise Matuidi; Antoine Griezmann, Olivier Giroud, Dimitri Payet
Pelatih: Didier Deschamps

Republik Irlandia (4-4-2): Darren Randolph (PG); Seamus Coleman, Richard Keogh, Shane Duffy, Stephen Ward; Robbie Brady, James McCarthy, Jeff Hendrick, James McClean; Shane Long, Daryl Murphy
Pelatih: Martin O'Neill

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016