Moskow (ANTARA News) -  Sebuah pesawat pemadam kebakaran Rusia dengan 10 orang di dalamnya hilang pada Jumat (1/7) saat sedang memadamkan kebakaran di Siberia, kata pihak berwenang.

"Hari ini pukul 06.30 (0330 GMT),  layanan darurat Il-76 gagal melakukan kontak," menurut sebuah pernyataan dari Kementerian Layanan Darurat, menambahkan bahwa pesawat itu membawa 10 orang.

Pernyataan tersebut mengatakan tim pencari dan penyelamat termasuk lima pesawat dan dua helikopter sudah dikerahkan ke wilayah itu dan 100 tim penyelamat bersiap untuk diberangkatkan dari lokasi di dekat Moskow.

Kantor berita pemerintah TASS mengatakan pesawat lepas landas sekitar pukul 0230 GMT dan sedang terbang di ketinggian sekitar 3.000 meter di atas wilayah Irkutsk ketika hilang.

Seorang narasumber dari layanan darurat mengatakan kepada TASS bahwa pesawat hilang "di lokasi yang sulit dijangkau, tempat asal tebal membubung karena kebakaran."

Rusia dilanda kebakaran hutan setiap tahun dan pihak berwenang mengatakan sekitar 3.300 petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di wilayah seluas 39.000 hektar di seluruh negeri, demikian seperti dikutip dari AFP. (mr)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016