Sukabumi (ANTARA News) - Tiga wisatawan asal DKI Jakarta terseret arus Pantai Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, namun ketiga nyawa wisatawan tersebut berhasil diselamatkan.

"Dari informasi yang kami terima ketiga wisatawan tersebut yakni Budi Wibowo (60), Bayu Wono (33), dan Sandi Setiawan (20) ketiganya berasal dari Kampung Rawa Lilih, Bintaro," kata Kapolres Sukabumi, AKBP M Ngajib di Sukabumi, Kamis.

Menurutnya, ketiganya nyaris tenggelam sekitar pukul 17.30 WIB, namun karena kesigapan petugas gabungan keamanan pantai baik dari Polair Polres Sukabumi maupun Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi ketiga wisatawan yang masih satu keluarga ini berhasil diselamatkan.

Dari keterangan petugasnya di lokasi musibah, kejadian itu saat ketiganya tengah asyik berenang, tanpa sadar arus bawah laut membawa wisatawan tersebut hingga ke tengah. Melihat ada wisatawan yang terancam keselamatannya, petugas langsung mengevakuasi ketiganya.

Korban awalnya trauma, tetapi setelah diberikan tindakan medis akhirnya mereka bisa kembali lagi sediakala dan diimbau agar tidak lagi berenang, karena kondisi kejiwaannya masih labil dan tubuhnya pun lemas.

"Petugas terus mengawasi setiap aktivitas wisatawan, apalagi jumlah wisatawan yang membludak ini kami meningkatkan pengawasan," tambahnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada wisatawan yang tengah berwisata di objek wisata untuk selalu mentaati peraturan dan memperhatian imbauan petugas yang tengah berjaga di lokasi wisata.

Ngajib mengatakan wisatawan agar tidak nekat berenang di lokasi-lokasi yang diberi tanda bahaya seperti berbendera merah, karena lokasi tersebut tidak layak untuk dijadikan areal mandi apalagi berenang.

"Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi memiliki arus bawah yang deras dan bisa membahayakan siapapun, dan kepada orang tua agar selalu mengawasi setiap anak-anaknya," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016