Sesuai dengan tujuan dari kegiatan ini, untuk mengangkat potensi pangan lokal, maka pada kegiatan ini kita akan menampilkan berbagai produk pangan lokal seperti Aloevera dan lain sebagainya,"
Pontianak (ANTARA News) - Badan Ketahanan Pangan Kalimantan Barat akan menampilkan produk pangan unggulan lokal seperti aloevera dan umbi-umbian lainnya pada kegiatan Gelar Pangan Nusantara 2016 yang dilaksanakan di Pontianak, 4-7 Agustus.

"Sesuai dengan tujuan dari kegiatan ini, untuk mengangkat potensi pangan lokal, maka pada kegiatan ini kita akan menampilkan berbagai produk pangan lokal seperti Aloevera dan lain sebagainya," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kalbar, Anggraito di Pontianak, Rabu.

Dia menjelaskan, Kalbar dipilih sebagai tuan rumah Gelar Pangan Nusantara 2016 karena Kalbar dinilai memiliki potensi pangan lokal yang luar biasa.

"Kita saat ini memiliki potensi pangan yang sangat luar biasa, dimana dari olahan makanan non-beras yang dibuat masyarakat sudah sangat baik dan kita saat ini juga sudah bisa membuat mie dengan bahan baku ubi dan sebagainya," tuturnya.

Di tempat yang sama, Staf Badan Ketahanan Pangan Nasional, Kementerian Pertanian, Solihin menjelaskan, nantinya pada Gelar Pangan Nusantara tersebut akan ada 34 provinsi dan 100 lebih kabupaten yang akan mengikuti kegiatan itu.

"Dalam kegiatan ini, kita tidak hanya akan menampilkan berbagai makanan olahan non-beras dari seluruh daerah yang ada di Indonesia, tetapi juga ada berbagai acara lainnya," katanya.

Diantara sekian banyak kegiatan yang akan dilaksanakan pada Gelar Pangan Nusantara tersebut akan ada penampilan artis ibu kota, kemudian demo memasak dari Chef nasional serta sosialisasi pangan non-beras.

"Nantinya masyarakat Kalbar bisa mencicipi secara gratis makanan dari seluruh daerah yang ada di Indonesia, dimana setiap harinya akan ada delapan provinsi yang akan menyajikan makanan khas daerahnya, sehingga masyarakat bisa mencicipi makanan dari daerah lain," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016