Sudah dibahas dalam rapat kabinet, Presiden setuju untuk menganggarkan pemberian bantuan kepada masyarakat dari Januari hingga Juni 2024
Kalimantan Barat (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyalurkan bantuan pangan beras tahun 2024 untuk 6.486 orang penerima, yang masing-masing menerima 10 kilogram di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis.

Airlangga kepada wartawan di Kalimantan Barat, Kamis, mengatakan anak usaha Perum Bulog, PT Jasa Prima Logistics akan melanjutkan distribusi bantuan ke 14 kabupaten/kota di Kalimantan Barat hingga jumlah penerima manfaat mencapai 354.574.

"Karena panen di Kalimantan mundur tiga bulan, sekitar Juli 2024. Presiden meminta masyarakat miskin diberikan bantuan beras sampai Juni nanti," katanya.

Pemerintah memberikan bantuan pangan beras kepada masyarakat secara nasional sebanyak 22.004.077 penerima manfaat untuk periode Januari hingga Juni 2024 berupa 10 kilogram per bulan.

Pemerintah juga sudah menyepakati untuk kembali menyalurkan bantuan langsung tunai untuk menanggulangi El Nino sebesar Rp200 ribu per bulan kepada sekitar 18 juta penerima manfaat.

"Sudah dibahas dalam rapat kabinet, Presiden setuju untuk menganggarkan pemberian bantuan kepada masyarakat dari Januari hingga Juni 2024," kata Airlangga.

Adapun nilai total bantuan yang diberikan pemerintah hingga Semester I 2024 tersebut diperkirakan mencapai Rp892 miliar.

"Saya menggarisbawahi, ini bantuan pemerintah. Meski ada pemilu, pemberian bantuan tidak bisa menunggu," kata Airlangga.

Dalam kesempatan itu, Airlangga tiba di Kubu Raya, Kalimantan Barat didampingi antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus, Pemimpin Wilayah Perum Bulog Provinsi Kalimantan Barat Dedi Aprilyadi, dan Pimpinan PT Jasa Prima Logistics Kalimantan Barat Dede Muhidin.

Kedatangan rombongan disambut Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat Harrison pukul 11.26 WIB.

Baca juga: NFA tekankan pentingnya insfrastruktur pascapanen sambut panen raya
Baca juga: Pemerintah lanjutkan Program Bantuan Pangan hingga Juni 2024
Baca juga: Airlangga tepis tudingan bantuan beras untuk kepentingan politik

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024