Dokter punya kewenangan cari di luar, tapi tetap yang asli."
Jakarta (ANTARA News) - Dokter anak Harmon dari Rumah Sakit (RS) Harapan Bunda, Kramatjati, Jakarta Timur, mengatakan bahwa dokter diberi kelonggaran untuk mencari vaksin bila stok di rumah sakit kosong.

"Lazimnya yang beli dan pesan itu rumah sakit, tapi kita diberi kelonggaran kalau stok kosong. Dokter punya kewenangan cari di luar, tapi tetap yang asli," ujar dokter Harmon di RS Harapan Bunda, Jakarta Timur, Jumat.

Ia menegaskan vaksin yang disediakan dokter berasal dari penjual terpercaya. Oleh karena itu, ia merasa terkejut saat ada oknum yang menipu dengan membuat vaksin palsu.

Rumah Sakit Harapan Bunda berjanji memeriksa ulang pasien yang terindikasi mendapat vaksin palsu yang masuk rumah sakit itu periode Maret-Juni 2016.

Pada periode tersebut, menurut dia, stok vaksin dari distributor langganan rumah sakit sedang kosong yang dimanfaatkan oknum untuk memberikan vaksin palsu.

"Apakah akan perlu divaksin ulang atau tidak tergantung pemeriksaan dokter," kata Ketua Komite Medis Rumah Sakit Harapan Bunda dr. Seto Hanggoro Setiadji.

Pasien boleh memilih melakukan vaksinasi ulang di Rumah Sakit Harapan Bunda atau di tempat lain. Bila pasien memilih melakukan vaksinasi di tempat lain, Rumah Sakit Harapan Bunda menyatakan siap memberikan uang pengganti.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016