Taipei (ANTARA News) - Ratusan pengemudi di Taiwan pada Minggu (7/8) dikenakan sanksi denda karena bermain Pokemon GO di ponsel mereka, setelah permainan tersebut diluncurkan.

Sebanyak 349 denda dikeluarkan sejak game tersebut diluncurkan di Taiwan pada Sabtu, dengan mayoritas pelanggar adalah pengemudi sepeda motor, menurut Badan Kepolisian Nasional.

Meskipun Pokemon GO dipuji karena memotivasi orang-orang untuk lebih aktif bergerak, pihak berwenang memperingatkan para pemain untuk selalu waspada.

"Menangkap monster langka, namun jangan biarkan kecelakaan terjadi kepada Anda!" kata Perdana Menteri Lin Chuan di halaman Facebook kabinet.

Para pengendara mobil didenda 3.000 dolar Taiwan jika tertangkap menggunakan ponsel mereka saat berkendara, sementara sepeda motor harus membayar denda 1.000 dolar Taiwan.

Seorang pria berusia 20 tahun di New Taipei City mengalami keretakan pada lutut, Sabtu, ketika terjatuh dari sepeda motornya saat melihat ponselnya, menurut harian Apple Daily.

Pihak museum National Palace di Taipei melarang pengunjung bermain Pokemon GO di ruang pameran, yang menyimpan beberapa artefak berharga dari sejarah Tiongkok yang berjarak 7.000 tahun, demikian dikutip dari berita AFP.  (hs)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016