Jakarta (ANTARA) - Para pelatih atau sapaan pemain Pokemon GO khususnya yang baru mungkin bisa memanfaatkan liburan Idul Adha untuk meningkatkan level permainan mereka.

Berikut kiat yang dapat membantu para pelatih secara efisien seperti disiarkan keterangan tertulis Niantic, Inc. Rabu:

1. Pahami dasar-dasar gameplay

Sebelum mulai bermain, penting untuk memahami dasar-dasar gameplay Pokémon GO. Hal ini mencakup pengetahuan tentang cara menangkap Pokémon, berkeliling untuk menemukan PokéStop dan Gym, serta melibatkan diri dalam pertempuran Pokémon.

Para pemain baru, biasanya akan mendapatkan tutorial di awal untuk mengetahui cara terbaik memulai dengan bertemu tiga Pokémon Starter yang pastinya sudah tak asing lagi.

Langkah selanjutnya adalah pahami tentang berbagai tipe Pokémon, sehingga bisa memilih dengan bijak Pokémon yang paling efektif saat menghadapi Pokémon musuh, walaupun juga bisa mengandalkan rekomendasi dari aplikasinya sebelum memulai pertarungan

Pokémon GO menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan pemain menemukan Pokémon di dunia nyata.

Setelah pemain mulai memahami dasar-dasar gameplay, langkah berikutnya adalah menjelajahi lingkungan sekitar. Kunjungi tempat-tempat menarik, seperti taman, jalanan, atau area yang ramai untuk menemukan berbagai jenis Pokémon yang berbeda.

Baca juga: Pokemon GO ditarik dari Rusia dan Belarusia

2. Memanfaatkan evolusi bersama Lucky Egg (Telur Kebahagiaan)

Salah satu cara tercepat untuk mendapatkan XP atau pengalaman yakni dengan mengumpulkan Candy (Permen) yang cukup dan Pokémon yang sama. Setelah memiliki jumlah yang cukup, persiapkan Lucky Egg (Telur Kebahagiaan) yang akan digunakan. Lucky Egg adalah item khusus yang memberikan bonus XP dua kali lipat selama 30 menit setelah diaktifkan.

Kemudian, saat sudah siap, aktifkan Lucky Egg dan lakukan evolusi pada Pokémon yang dikumpulkan secara bersamaan. Dalam 30 menit tersebut, setiap evolusi yang dilakukan akan memberikan XP yang sangat signifikan terhadap level.

Evolusi Pokémon biasanya memberikan 500 XP, tetapi dengan penggunaan Lucky Egg, pemain akan mendapatkan 1000 XP setiap kali melakukan evolusi.

3. Manfaatkan tingkat tertemanan (Friendship Level)

Membangun tingkat pertemanan dengan pemain Pokémon GO lainnya melalui berbagai interaksi dalam permainan dapat memberikan keuntungan XP yang signifikan. Lakukan pertukaran Pokémon, bertarung bersama, dan kirim hadiah secara teratur untuk meningkatkan tingkat pertemanan dan mendapatkan XP tambahan.

Dalam Tingkat Pertemanan, terdapat beberapa tingkatan yang dapat dicapai, mulai dari Tingkat Teman Baik (Good Friend), Teman Dekat (Great Friend), Sahabat (Ultra Friend), hingga Sahabat Terbaik (Best Friend). Setiap tingkatan memiliki persyaratan dan manfaat yang berbeda.

Salah satu manfaat menonjol dari Tingkat Pertemanan adalah bonus XP tambahan yang diberikan. Saat pemain mencapai Tingkat Pertemanan baru dengan seseorang, maka dia akan menerima bonus XP besar yang dapat meningkatkan level permainannya dengan cepat. Misalnya, mencapai Sahabat Terbaik dengan seorang teman memberikan bonus sebesar 100.000 XP yang bisa digandakan pula jika memakai Lucky Egg.

4. Manfaatkan Incense (pewangi)

Menggunakan Incense (pewangi) adalah cara efektif untuk menarik Pokémon agar muncul lebih sering di sekitar pemain. Incense adalah item khusus yang dapat digunakan untuk memancing dan menarik Pokémon agar muncul di sekitar pemain selama 30 menit.

Selain itu, penting untuk mencatat bahwa penggunaan Incense lebih efektif ketika pemain berada dalam pergerakan atau menjelajahi lingkungan sekitarnya. Jadi, pastikan untuk mengaktifkan Incense saat sedang berpergian atau saat berada di area dengan populasi Pokémon yang rendah.

Jangan lupa juga gunakan Daily Adventure Incense (Pewangi Harian) yaitu item tambahan yang bisa pemain aktifkan ketika kehabisan item Incense. Jika jumlah Bola Pokémon sedikit, pemain akan mendapatkan ekstra Bola Pokémon dari pemakaian Daily Adventure Incense.

5. Ikuti Community Day (Hari Komunitas)

Setiap bulan, Pokémon GO mengadakan acara komunitas yang menghadirkan banyak kesempatan untuk mendapatkan XP. Bulan depan, Community Day akan diadakan pada 30 Juli 2023. Selama acara berlangsung, pemain dapat memanfaatkan durasi Lure Modules (Modul Umpan) yang lebih lama, spawn Pokémon yang lebih sering, serta bonus XP tambahan.
Para pemain dapat bertukar tips, berbagi pengalaman, dan bahkan mengikuti raid Pokémon bersama pemain lain.

Baca juga: Tiga minuman ini terinspirasi dari Pikachu, Charizard, dan Mewtwo

Baca juga: Pokemon Festival Jakarta dimulai, para monster "mengintai" di PIK

Baca juga: Pokemon Go ramaikan AFK Festival Piala Presiden Esport 2022 pekan ini

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023