Jakarta (ANTARA News) - Google mencatat salah satu perbaikan yang diperlukan di Indonesia adalah meningkatkan kemampuan mesin pencari Google Search untuk menjawab query dalam bahasa Indonesia, terutama pencarian dengan suara.




“Indonesia masuk lima besar negara pengguna pencarian suara (voice search),” kata Vice President Product Management Google Search Tamar Yehoshua saat di acara Google for Indonesia di Jakarta, Selasa (9/8).




Menurut Yehoshua, angka pencarian dengan voice search di Indonesa naik dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.




Mereka mengembangkan teknologi machine learning untuk kemampuan memahami bahasa Indonesia serta voice recognition, mengenali suara meskipun di latar belakang yang bising.




Konten lokal berbahasa Indonesia, yang sesuai dengan minat pengguna internet Tanah Air pun penting untuk dikembangkan, seperti mengenai kuliner, film dan motor.




Hal yang juga disoroti Google Search untuk Indonesia adalah mengenai kecepatan.




“Kecepatan sangat penting untuk konektivitas,” kata Yehoshua.




Google akan segera meluncurkan fitur Lite Mode di Google Search yang dapat digunakan saat koneksi internet lambat atau tidak stabil.




Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk menelusuri pencarian lima kali lebih cepat dan 90 hemat data.







Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016