Yogyakarta (ANTARA News) - Ikon wisata edukasi di Kota Yogyakarta, Taman Pintar, berupaya untuk terus mengenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cara yang menyenangkan, salah satunya dengan berpartisipasi dalam gelaran Jateng Fair 2016.

"Kami akan menampilkan sejumlah wahana interaktif hingga 13 Agustus meskipun Jateng Fair akan berlangsung hingga 4 September," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Kamis.

Beberapa wahana yang ditampilkan dalam gelaran Jateng Fair di antaranya adalah beberapa alat peraga seperti "kinect", harpa tanpa dawai, generator Van de Graaff, "step magic", "magnet race", "whimhurst machine", serta pojok untuk berfoto.

Menurut Yunianto, antusiasme pengunjung untuk melihat dan mencoba berbagai alat peraga yang ditampilkan Taman Pintar cukup bagus.

Peraga yang menjadi favorit pengunjung adalah "step magic" yang berwujud kolam ikan virtual di lantai, serta generator Van de Graaff yang menghasilkan listrik statis yang mampu membuat rambut berdiri.

"Kami tidak ingin hanya mengenalkan literasi sains kepada warga di Kota Yogyakarta dan sekitarnya saja, tetapi jika memungkinkan juga mendekatkan ke masyarakat di daerah lain," katanya.

Ia berharap kehadiran Taman Pintar yang menampilkan berbagai peraga ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut mampu mendorong masyarakat untuk semakin mencintai sains dan teknologi.

"Kami selalu memberikan edukasi dengan cara yang menarik, menyenangkan, dan interaktif. Harapannya, pengunjung semakin tertarik mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan bangsa," katanya.

Sebelumnya, Taman Pintar juga pernah berpartisipasi dalam kegiatan serupa yang digelar di beberapa daerah di antaranya Surabaya Great Expo pada 2015, Jatim Fair pada 2014, serta Pekan Raya Jakarta selama tiga tahun berturut-turut pada 2011 hingga 2013.

"Kami pun akan menindaklajuti hal ini melalui kerja sama dengan sejumlah science center lain agar literasi sains ini bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat," katanya.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016