Jakarta (ANTARA News) - Laporan dari Device Atlas pada kuartal kedua (Q2) 2016 mengungkap bahwa iPhone kehilangan pangsa trafik website di 18 dari 20 negara yang disurvei.

Dua negara yang tidak terpengaruh adalah Nigeria dan Arab Saudi.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa iPhone berlayar 4 inci masih banyak diminati dengan lebih dari 20 persen di Kanada, Prancis, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat. Hal ini mungkin dikarenakan peluncuran iPhone SE.

Rincian menarik lainnya dari survei tersebut adalah perkembangan saham yang begitu cepat dari layar Quad HD, dan adanya gap yang terlihat dalam hal kepadatan piksel antara pasar negara berkembang dan negara maju.

Laporan tersebut juga menunjukkan top 5 perangkat yang paling populer di sejumlah pasar, di mana seri iPhone 6s dan line up iPhone dengan layar 4 inci (iPhone 5/SE), menempati posisi pertama dan kedua.

Sementara itu TrendForce mengeluarkan laporan pengiriman notebook di Q2 tahun ini. Pertumbuhan penjualan Apple meningkat 30 persen dari Q1 berkat MacBook baru.

Meski demikian, hal tersebut tidak cukup bagi perusahaan yang berbasis di Cupertino itu. Pasalnya penjualan Apple masih turun 24 persen untuk semester pertama 2016 dibandingkan H1 2015.

Sedangkan Lenovo dan HP tetap menjadi pemimpin pasar dalam pengiriman notebook. Pangsa pasar keduanya naik dibandingkan Q2 2015 dan H1 2015, demikian GSM Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016