Rio de Janeiro (ANTARA News) - Polisi Brasil menangkap pejabat Olimpiade puncak Eropa Rabu pagi waktu setempat dalam penggerebekan ke hotelnya di Rio de Janeiro atas kaitan dengan penyelidikan skandal calo tiket Olimpiade Rio.

Polisi mengaku menemukan bukti kaitan seorang pria Irlandia berusia 71 tahun bernama Pat Hickey dengan sebuah jaringan internasional yang menyalurkan secara ilegal tiket Olimpiade ke para calo yang menjual kembali tiket-tiket itu jauh di atas harga aslinya.

Pihak berwajib mengatakan bahwa dalam kasus Hickey, mereka mengeluarkan surat perintah penangkapan dan mengeluarkan berbagai tuduhan kepada tiga eksekutif PRO10 Sports Management yang berbasis di Dublin.

Polisi menuduh PRO10 telah menyalurkan tiket Olimpiade Rio ke perusahaan lainnya, THG Sports, yang direkturnya ditangkap pekan ini di Brasil. PRO10 dan THG telah membantah melakukan pelanggaran. Sedangkan Hickey menolak memberikan komentar.

Hickey ditahan di Hotel Windsor Marapendi dekat Taman Olimpiade dan kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat setelah ditangkap mengingat dia memiliki riwayat penyakit jantung.

Hickey untuk sementara mundur dari jabatan anggota dewan eksekutif Komite Olimpiade Internasional, Presiden Komite Olimpiade Eropa dan Wakil Presiden Asosiasi Komite Olimpiade Nasional.

Dewan OIimpiade Irlandia mengatakan bahwa Hickey, presiden mereka, dibebastugaskan dari semua fungsi Olimpiadenya sampai skandal tiket ini menemui kejelasan.

"Mari kita tunggu apa tuduhan yang dialamatkan kepada Tuan Hickey," kata juru bicara IOC  Mark Adams. "Semua orang tidak bersala sampai terbukti bersalah."

Percaloan tiket dianggap ilegal di Brasil. Polisi dan jaksa semakin keras menindak praktik ini sejak Brasil menjadi tuan rumah dua event olah raga terbesar dunia, Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.

Pada Piala Dunia 2014, polisi Brasil juga melakukan hal sama, menangkap para pejabat Piala Dunia karena menyalurkan tiket kepada calo yang membuat para calon untung Rp406 juta per pertandingan.

Hickey adalah anggota Komisi Koordinasi IOC untuk Olimpiade Rio yang bertugas mengawasi persiapan Olimpiade pertama diadakan di Amerika Selatan itu.

THG Group dimiliki oleh Marcus Evans Group yang juga menjadi pemilik klub Liga Inggris Ipswich Town.

Hickey adalah bekas atlet judo dan presiden kehormatan seumur hitup Federasi Judo Irlandia. Dia sudah memimpin komite Olimpiade Irlandia OCI sejak 1989. Pada 2015, dia memimpin Olimpiade Eropa pertam yang diorganisasikan EOC di Baku, Azerbaijan, demikian Reuters. 



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016