London (ANTARA News) - Tari Saman dari Aceh yang dibawakan kelompok tari L.U.C.I dan Sekolah Bogor Raya, berhasil menarik perhatian undangan dan memberikan tepuk tangan meriah dalam acara Malam Promosi Indonesia bertajuk "An Evening of Enchanting Indonesia" di KBRI Praha di Royal Theater, Praha, Ceko.

Para undangan menyampaikan kekagumannya atas kekompakan gerakan dinamis tari Saman, yang juga dikenal dengan tari "Seribu Tangan", kata Consular Pensosbud KBRI Praha, Fitriyani Riduan kepada Antara London, Jumat.

KBRI Praha menyelenggarakan malam promosi terpadu pariwisata dan perdagangan dengan menampilkan pertunjukan seni budaya dan pemaparan potensi perdagangan Indonesia.

Dubes RI untuk Ceko, Dr. Aulia A. Rachman mengatakan aktivitas promosi yang dilakukan secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal dan diharapkan Indonesia akan semakin dikenal di Ceko. Seni budaya adalah media yang tepat untuk mendekatkan dua negara dan menjadi sarana untuk menarik perhatian calon wisatawan, ujarnya.

Dikatakannya dari aspek ekonomi kegiatan "Enchanting Indonesia" bertujuan untuk mempromosikan Trade Expo Indonesia ke-31 dan menjaring pengusaha Ceko untuk hadir dalam pameran perdagangan terbesar di Indonesia yang diadakan di Jakarta dari tanggal 12 hingga 16 Oktober mendatang. "Intinya KBRI Praha ingin promosikan Trade Expo Indonesia ke-31 yang dikemas dalam malam kesenian," ujarnya.

Acara promosi terpadu yang dibalut dalam acara malam kesenian tersebut dihadiri 120 undangan yang sebagian besar pengusaha Ceko serta pejabat dari berbagai instansi di Ceko yang berencana akan menghadir pada Trade Expo Indonesia.

Kegiatan promosi mendapat tanggapan positif dari pengunjung yang memberikan apresiasi pada penampilan seni budaya seperti tarian Lenggang Jakarta, tari Katuran dari Banten, tari Sinapelandari Riau, musik instrumental Janger dari Bali, tari Mambo Simbo dari Papua, tari Gemu Famire dari Nusa Tenggara Timur.

Melengkapi pertunjukan kesenian, kelompok musik fusion etno-metal V1MAST Band dari Indonesia yang menampilkan beberapa lagu antara lain Yogyakarta, Kurikulum Hatimu, Dewasa Sejak Dini serta lagu-lagu nasional yang mendapat sambutan meriah.

Sementara untuk mempromosikan Trade Expo, KBRI Praha menyampaikan paparan dan memutar video klip tentang acara Expo . Sejumlah pengusaha menyatakan minatnya untuk hadir dan membantu KBRI Praha dalam menyebarluaskan informasi tentang Expo.

KBRI Praha juga menyajikan jajanan pasar dan mie instan goreng untuk promosi kekayaan kuliner yang ludes dinikmati undangan. Promosi produk khas Indonesia tersebut dapat bersaing dengan produk sejenis dari negara lain yang sudah masuk ke pasar Ceko.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016