Situ Lembang, Bandung (ANTARA News) - Panglima Kodam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Hadi Prasojo, Minggu, melantik 98 anggota muda Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung tertua di Indonesia, Wanadri.

Ke-98 anggota muda Wanadri yang menamakan diri mereka "Tapak Bara" dan "Bara Rimba" itu dilantik setelah menjalani 30 hari masa Pendidikan Dasar Wanadri (PDW) 2016 yang terdiri dari kelas dasar, olaharga arus deras, rawa laut dan gunung hutan.

Mayjen Hadi dalam amanatnya, meminta seluruh 98 anggota muda Wanadri terus melatih diri untuk menjadi petualang dan penempuh rimba yang mengedepankan kepentingan masyarakat dan negara.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Wanadri atas kontribusinya selama ini. Dalam Wanadri ada semangat militan, dan tersemayam semangat untuk membela negara," ujarnya.

Seluruh anggota Wanadri, ujar Hadi, harus terus berlatih, agar wawasan dan keterampilan yang dimiliki dapat berguna bagi masyarakat luas.

"Karena kalian harus tetap menjadi orang yang pantang mengeluh, tekun dan ulet," ujarnya.

Selain upacara pelantikkan 98 anggota muda Wanadri, Pangdam pada Minggu ini juga mengukuhkan enam anggota luar biasa Wanadri, yang salah satunya adalah Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Kerja, Anies Baswedan.

Anies Baswedan menghadiri langsung upacara penyematan sebagai anggota luar biasa Wanadri di kawasan Situ Lembang, yang merupakan lokasi latihan gunung hutan pasukan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat.

Salah satu anggota muda Wanadri yang juga Komandan kelas pada sesi latihan Gunung Hutan PDW 2016, Dzaki Imadudin, mengatakan dirinya telah mempelajari banyak hal dari PDW 2016, terutama mengenai pembinaan mental agar bisa lebih disiplin dan mengalahkan nafsu diri sendiri.

"Bahkan saat saya diminta mengisi kuisioner tentang hukuman, saya pilih semuanya, saya ingin merasakan semua pelajaran," kata anggota muda Wanadri asal Tangerang Selatan itu.

PDW 2016 dimulai sejak 30 Juli hingga 29 Agustus 2016. PDW yang digelar dua tahun sekali merupakan kegiatan pendidikan sekaligus seleksi untuk menjadi anggota muda Wanadri.

Wanadri merupakan organsiasi penempuh rimba dan pendaki gunung yang didirikan di Bandung pada 1964 oleh para Pandu. Wanadri juga masih aktif melakukan kegiatan ekspedisi di Indonesia maupun mancanegara.

Sejumlah Anggota Wanadri juga berhasil mengibarkan bendera merah putih Indonesia di tujuh puncak gunung tertinggi di tujuh benua di dunia.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016