Posko Kesehatan Kesdam III/Slw telah memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan serta pengobatan gratis Ispa, iritasi mata, sakit kulit dan diare.
Bandung (ANTARA) -
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko yang turun langsung ke lapangan untuk melihat progress pemadaman kebakaran TPA Sarimukti, menginstruksikan untuk menurunkan tambahan alat berat ke lokasi kebakaran.

Hal itu diperintahkan Erwin pada pihak Kazidam III/Slw karena kondisi kebakaran hingga saat ini belum sepenuhnya teratasi, karen dihadapkan cuaca musim kemarau, angin dan jauhnya sumber air.

"Pada Kazidam III/Slw kerahkan tambahan Excavator, Dozer dan Dump Truk untuk mempercepat proses pemadaman," kata Erwin di Posko Tanggap Bencana Kodim 0609/Cimahi pada lokasi kebakaran TPA Sarimukti, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jumat.

Alat berat dari Zidam III/Slw itu, ucap dia, akan digunakan mengangkut sedimen atau tanah basah dari Sektor 11 Citarum Harum untuk menimbun tumpukan sampah yang terbakar guna mempercepat proses pemadaman.

Kehadiran Erwin di lokasi kebakaran TPA Sarimukti itu sendiri, untuk memastikan proses pemadaman dilakukan dengan tepat dan mengetahui kendala petugas di lokasi untuk mendapatkan keputusan penanganan dengan cepat.

Dalam kesempatan tersebut, Erwin memastikan operasional Posko Mobil, Posko Kesehatan, Dapur Lapangan serta Drone Pemetaan.

Berdasarkan keterangan yang diterima, Kodam III/Slw sejak Sabtu (26/8) telah mengerahkan satuan Kesdam III/Slw, Bekangdam III/Slw, Topdam III/Slw, Brigif 15/Kujang II, Kodim 0609/Cimahi dan Yonarmed 4/PHY untuk membantu pemadaman dan mengatasi dampaknya terhadap masyarakat.

Posko Kesehatan Kesdam III/Slw selama didirikan telah memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan serta pengobatan gratis kepada masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan seperti Ispa, iritasi mata, sakit kulit dan diare.

Sementara itu, Bekangdam III/Slw menggelar Dapur Lapangan (Durlap) untuk mendukung penyiapan logistik bagi para relawan yang menangani kebakaran TPA Sarimukti.

Untuk memetakan titik sebaran kebakaran secara real time (seketika), digunakan Drone dari Topdam III/Slw yang terintegrasi dengan Monitor pada Posko Mobil sehingga petugas lapangan dapat mengambil keputusan dengan tepat.

Turut hadir mendampingi Pangdam III/Slw, Danrem 062/TN, Asops dan Aster Kasdam III/Slw, Kazidam, Kabekangdam, Kakesdam, Katopdam dan Dandim 0609/Cimahi.
Baca juga: 8.000 ton lebih sampah belum terangkut dari Kota Bandung
Baca juga: Bandung keluarkan Biaya Tak Terduga untuk sikapi kebakaran Sarimukti
Baca juga: Diskar PB: Kebakaran di zona 1 TPA Sarimukti berhasil dipadamkan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023