Jakarta (ANTARA News) - Pameran Foto Warna-Warni Parlemen yang mengusung tema “Menuju Parlemen Modern”, resmi dibuka oleh Ketua DPR Ade Komarudin, didampingi Wakil Ketua Korekku Taufik Kurniawan, Wakil Ketua Korinbang Agus Hermanto, Wakil Ketua Korpolkam Fadli Zon, dan Wakil Ketua Korkesra Fahri Hamzah, beserta Anggota DPR Ridwan Hisjam, Sekjen DPR Winantuningtyas Titi Swasanany dan Badan Keahlian Johnson Rajagukguk pada Senin (29/8).
 
“Kita dukung semua kegiatan positif yang diselenggarakan di sini, dan kita juga ingin terus memperbaiki diri agar kinerja parlemen semakin hari menjadi semakin baik, meskipun kelemahan akan selalu saja ada,” ujar Ade Komarudin dalam sambutannya di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, dalam keterangan tertulis Humas DPR.

Ia berharap dapat bekerjasama secara baik dengan para wartawan dalam memberikan informasi yang seimbang kepada seluruh masyarakat Indonesia, boleh mengkritik kinerja DPR yang belum bagus, tetapi sisi baik DPR lainnya juga harus dikemukakan.

“Saya berharap agar kinerja para Anggota Dewan semakin hari kian baik, sesuai dengan harapan masyarakat. Saya juga tidak mau menutup mata dan telinga atas kritik tentang dewan dari masyarakat, buat saya dan para pimpinan, bila ada masalah atau tantangan hal itu berarti bagus. Artinya kita harus bekerja dengan lebih baik lagi,” ucap pria yang akrab disapa Akom itu.

 Banyak tantangan di dewan yang harus kita perbaiki bersama-sama, lanjutnya, perbaikan-perbaikan secara bertahap akan terus kita lakukan. Dalam foto-foto yang dipamerkan tersebut tergambar berbagai kinerja Dewan, dan ada beberapa diantaranya juga yang mengkritisinya lewat media foto.

“Silahkan mengkritik kinerja Parlemen, termasuk dalam bentuk foto, agar ada perbaikan yang bisa dilakukan. Terus terang saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini,” tandasnya.

Dari hasil jejak pendapat yang mengatakan bahwa kinerja DPR sekarang sudah lebih baik, Akom mengibaratkan hal itu seperti angin segar.

“Ini baru mulai baik, artinya belum baik, kalau diibaratkan dengan angka adalah angka 6. Tidak termasuk angka merah tetapi merupakan batas akhir dari angka merah. Ini hanya bisa ditingkatkan kalau semua pihak bisa saling bersinergi dengan baik.

Pameran Foto Jurnalistik Warna-Warni Parlemen yang pada tahun 2016 ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI bekerjasama dengan  Wartawan Koordinatoriat DPR RI. Pameran foto ini digelar dalam rangka memperingati 71 tahun Indonesia merdeka sekaligus untuk memeriahkan Ulang Tahun DPR RI yang ke 71.

Kegiatan pameran foto ini sudah menginjak tahun ke 5 sejak pertama kali diselenggarakan, dan acara ini juga sebagai bagian dari rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Setjen DPR hingga tanggal 3 September mendatang.

Selain itu, hal yang tak kalah penting dari tujuan pelaksanaan pameran foto jurnalistik ini adalah untuk melihat berbagai kinerja Anggota DPR dalam melaksanakan tugas dan fungsinya yang terekam dalam lensa para awak media yang biasa bertugas di Gedung Parlemen.

Dari sejumlah 1.300 buah foto yang masuk ke meja panitia seleksi, akhirnya panitia acara berhasil memilih sebanyak 101 buah foto yang dianggap layak secara mutu dan memiliki nilai jurnalistik untuk dipamerkan pada pameran kali ini. Adapun hasil foto yang dipamerkan adalah hasil karya jurnalistik para wartawan dari berbagai media nasional yang ada, dan juga hasil karya fotografer yang tergabung dalam Biro Pemberitaan Parlemen.

Dengan pelaksanaan pameran foto ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat tentang berbagai kinerja yang telah dilakukan oleh Anggota Dewan sebagai Wakil Rakyat, baik yang dilakukan didalam gedung DPR maupun yang dilakukan diluar gedung DPR.

Kegiatan kunjungan kerja Anggota Dewan ke berbagai daerah diseluruh Indonesia juga tak luput dari bidikan kamera para insan media. Khusus pada kegiatan kunjungan kerja anggota DPR tersebut, para Jurnalis dan Fotografer Bagian Media Cetak dan Media Sosial Pemberitaan Parlemen turut berpartisipasi mengabadikan kinerja Dewan tersebut saat menjalankan tugas dan fungsi kedewanannya.

 
Pameran Foto warna Warni Parlemen ini  diharapkan dapat memberikan dampak positif dan dapat menjadi salah satu kegiatan yang memberikan pencerahan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang kinerja yang telah dilakukan oleh Anggota Dewan di Parlemen.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016