Los Angeles (ANTARA News) - Seorang warga negara Jerman, yang dijuluki "Pembakar Hollywood", dinyatakan bersalah, Kamis, karena melakukan puluhan pembakaran di kawasan Los Angeles hampir lima tahun lalu, kata jaksa.

Juri Pengadilan Tinggi Los Angeles menyatakan Harry Burkhart (29) bersalah atas 25 dakwaan membakar bangunan, 18 dakwaan membakar perumahan tak berpenghuni dan dakwaan lain, termasuk kepemilikan bahan pembakar, kata kantor kejaksaan distrik setempat dalam pernyataan.

Burkhart terancam hukuman lebih dari 88 tahun penjara, katanya, seperti dikutip Reuters.

Sidang dimulai pada 15 Agustus dan setelah pendapat penutup pada Rabu, juri berunding kurang dari sehari sebelum mengeluarkan keputusan mereka.

Dalam pernyataan pembuka sidang, jaksa mengatakan kepada juri bahwa Burkhart memantik api karena ia marah dengan pendeportasian ibunya Dorothee Burkhart, kelahiran Rusia. Dorothee Burkhart diperintahkan diekstradisi ke Jerman untuk menghadapi dakwaan pidana.

Burkhart melakukan lebih dari 40 pembakaran di kawasan Hollywood, Los Angeles dan San Fernando Valley serta dekat Hollywood Barat antara 30 Desember 2011, dan ia ditangkap 2 Januari 2012, kata jaksa.

Api menghanguskan mobil dan rumah, mengakibatkan kerugian sekitar 3 juta dolar, namun tidak menimbulkan korban jiwa.

(Uu.S022)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016