Hangzhou, Tiongkok (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon mengatakan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang stabil diperlukan stabilitas keamanan dan perdamaian.

"Menciptakan stabilitas pertumbuhan ekonomi, membutuhkan stabilitas keamanan," katanya, dalam jumpa wartawan di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, Minggu.

Ban Ki-moon berada di Hangzhou untuk menghadiri KTT ke-11 G20 pada Minggu sore waktu setempat.

Ia mengingat semua negara untuk bersama-sama membangun stabilitas keamanan dan perdamaian guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi global yang lebih baik dan stabil.

Pihaknya juga mengapresiasi pelaksanaan KTT G20 yang memfokuskan pembangunan berkelanjutan, baik untuk negara maju, maupun negara berkembang.

"Sangat mudah bagi kita untuk membahas apa itu pembangunan berkelanjutan, namun yang lebih penting adalah bagaimana mengimplementasikan langkah-langkah nyata bagi pembangunan berkelanjutan tersebut," kata Ki-moon, dalam jumpa wartawan sekitar 20 menit tersebut.

Pada 2016 merupakan kali pertama Tiongkok menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT G20. Tema KTT ke-11 G20 adalah "Toward an Innovative, Invigorated, Interconnected and Inclusive World Economy.

KTT G20 di Hangzhou, Tiongkok akan melaksanakan semua konsensus yang telah dihasilkan pada KTT ke-10 di Turki, dengan penekanan pada reformasi, inovasi dan pembangunan berkelanjutan.

Meski tidak memfokuskan pada masalah keamanan, pertemuan bilateral sejumlah pemimpin negara kelompok 20 antara lain membahas masalah keamanan kawasan di Laut China Selatan, Laut China Timur, dan Semenanjung Korea. Hal tersebut antara lain mengemuka dalam pertemuan bilateral Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, dan pertemuan bilateral antara Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016