Jakarta (ANTARA News) - Pelari-pelari Kenya mendominasi lomba nomor terbuka di Mandiri Jakarta Marathon 2016, memenangi lomba kategori maraton penuh (42 km) dan setengah maraton (21 km) putra dan putri pada Minggu.

Hasil itu membuat Kenya menegaskan diri sebagai penguasa Mandiri Jakarta Marathon sejak pertama kali diadakan tahun 2013.

Pelari Kenya Joseph Mwangi Ngare, Stanley Kipkoech Kirui dan Hosea Kipyego Kogei menjadi juara pertama hingga ketiga kategori setengah maraton putra.

Sementara rekan senegara mereka Peninah Jepkoech Kigen, Nancy Joan Rotich dan Susan Jemutai Kosgei menjadi juara pertama, kedua dan ketiga dalam kategori setengah maraton putri.

Gelar juara di nomor bergengsi maraton penuh juga disapu bersih pelari putri Kenya dengan Kiplimo Jacquline Nyetipei, Mercy Jelimo Too dan Margaret Njuguna sebagai juara pertama, kedua dan ketiga.

Dalam lomba 42K putra, Kennedy Lilan Kiproo sampai finis pertama diikuti Chengabit Noah Kipruto dan Felix Kipkorir Kangogo.

Atlet Indonesia Agus Prayogo, yang memenangi kategori 42K khusus Indonesia, menganggap wajar dominasi pelari Kenya di ajang itu.

"Pelari-pelari Kenya sudah menguasai dunia, jadi wajar saja kalau mereka juara di sini. Namun saya harap ke depan ada pelari kita yang dapat bersaing dengan mereka," tutur Agus, pelari asli Jawa Tengah peraih empat medali emas SEA Games cabang atletik dan tiga medali emas atletik PON Jawa Barat 2016.



Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016