Kulon Progo (ANTARA News) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta menerbitkan surat keterangan telah terdata databese kependudukan bagi calon pemilih pemula yang 6 Desember 2016 sampai dengan 15 Februari 2017 berusia 17 tahun sehingga dapat menggunakan hak pilihnya.

Kepala Disdukcapil Kulon Progo Djulistyo di Kulon Progo, Rabu, mengatakan setelah ada surat keterangan tersebut, maka pemilih pemula dapat masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2017 Kabupaten Kulon Progo.

"Kebijakan ini menindaklanjuti surat Kementrian Dalam Negeri Nomor 471.13./11691/DUKCAPIL hal Format Surat Keterangan Telah Terdata Dalam Databese Kependudukan Kabupaten/Kota," kata Djulistyo.

Ia mengatakan surat tersebut bertujuan untuk menyelamatkan pemilih pemula agar tetap bisa menggunakan hak suaranya di Pilkada 2017.

Meskipun surat keterangan telah terdata tersebut dimungkinkan dibuat secara kolektif, namun Disdukcapil Kulon Progo akan membuat secara perseorangan.

"Kami akan terbitkan surat keterangan telah terdata bagi pemilih pemula tersebut secara perseorangan," katanya.

Ketua KPU Kulon Progo Muh Isanaini mengatakan jumlah pemilih pemula pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2017 mencapai 15.000 pemilih yang potensial mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat.

"Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), jumlah pemilih pemula mencapai lebih dari 15.000 pemilih. Jumlah ini menjadi sesuatu yang sangat strategis pada Pilkada 2017," kata Muh Isnaini.

Ia mengatakan KPU akan melakukan sosialisasi dengan masuk ke sekolah dan kampus yang ada di Kulon Progo. Hal ini dikarenakan pemilih pemula ada di bangku sekolah SMA/MA/SMK dan universitas.

"Rencananya kami akan melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula pada awal November atau pascapengambilan nomor urut pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati. Sosialisasi akan dilakukan secara intensif supaya partisipasi mereka tinggi," kata Isnaini.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016