Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) pada Jumat (11/11) menyetujui pemberian pinjaman dana 12 miliar dolar AS (sekitar Rp160,1 triliun) selama tiga tahun untuk Mesir guna membantu pemulihan negara itu dari krisis ekonomi.

Dewan eksekutif IMF menyatakan akan segera mengucurkan dana 2,75 miliar dolar AS (sekitar Rp36,7 triliun) kepada Mesir, sementara suntikan selanjutnya akan bergantung pada performa ekonomi negara itu dan penerapan sejumlah reformasi.

Program tersebut "akan membantu Mesir memulihkan stabilitas makro-ekonomi dan mendorong pertumbuhan" menurut dewan dalam sebuah pernyataan.

"Kebijakan yang didukung oleh program ini ditujukan untuk memperbaiki ketidakseimbangan eksternal dan memulihkan daya saing, menurunkan defisit anggaran dan utang publik, mendorong pertumbuhan dan menciptakan lapangan kerja sembari melindungi kelompok rentan."

Tindakan itu dijalankan setelah Kairo melakukan langkah reformasi awal dalam beberapa pekan terakhir untuk memenuhi persyaratan IMF menurut warta kantor berita AFP.(kn)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016